Manfaat Vitamin C Untuk Asam Urat

Vitamin C mempunyai fungsi penting untuk menangkal berbagai penyakit dan merupakan salah satu jenis vitamin yang larut dalam air. Dari bentuk utamanya, nama kimia dari vitamin ini adalah asam askorbat. Vitamin C termasuk golongan vitamin antioksidan, penangkal radikal bebas, dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C sangat baik untuk asam urat yaitu menurunkan resiko asam urat. Manfaat vitamin C untuk asam urat diketahui lewat sebuah penelitian yang dilakukan Dr. Hyon K Choi dari University of British Columbia terhadap 46.994 pria yang diikuti antara tahun 1986 sampai 2006. Selama kurun waktu penelitian itu, 1.317 pria menderita gout. Setelah kadar vitamin C diberikan, resiko terkena asam urat menjadi turun. Untuk setiap 500 mg peningkatan dosis vitamin C harian, resiko asam urat mampu turun sampai 17%.

Kenapa vitamin C baik untuk asam urat? karena vitamin C bisa membantu meningkatkan eskresi (pembuangan) asam urat lewat urin. Dengan kemampuan ini, kadar asam urat dalam tubuh bisa berkurang. Hanya saja, ada yang perlu diperhatikan dalam hal manfaat vitamin C untuk asam urat ini. Bagi orang yang mempunyai kondisi seperti hemosiderosis, hemokromatosis, dan yang beriwayat batu ginjal atau gagal ginjal, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi makanan atau suplemen vitamin C. Pasalnya, vitamin C dapat meningkatkan penyerapan zat besi dan produksi asam oksalat. Keadaan ini berpotensi menimbulkan bahaya bagi orang-orang dengan kondisi tersebut.


Obat Herbal Asam Urat

 

Itulah tadi penjelasan mengenai manfaat vitamin C untuk asam urat. Anda dapat mendapatkan vitamin C dari beberapa jenis buah-buahan yaitu mangga, stroberi, tomat, jambu biji, pepaya, anggur, sirsak dan jeruk. Tapi bagi penderita asam urat, ada buah yang sebaiknya dihindari yaitu buah alpukat dan durian. Kedua buah ini mengandung purin yang tinggi. Sekian dan semoga bermanfaat.


Manfaat Vitamin C Untuk Asam Urat

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!