Manfaat Tidur Miring Ke Kanan Bagi Kesehatan

Tidur merupakan aktivitas yang wajib dilakukan oleh semua orang. Setelah bekerja ataupun melakukan aktivitas lainnya selama seharian, tentu tubuh kita membutuhkan waktu untuk beristirahat yaitu dengan tidur. Tidak semua orang memiliki posisi tidur favorit yang sama, ada yang menyukai tidur dengan posisi tengkurap, terlentang, ataupun dengan posisi miring baik itu ke kanan atau ke kiri. Dari sekian banyak posisi tidur tersebut, ternyata tidur dengan posisi miring ke kanan paling banyak mempunyai manfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaatnya? berikut ini adalah beberapa manfaat tidur miring ke kanan bagi kesehatan yang dikutip dari top10homeremedies.com.

  • Bagi ibu hamil, tidur miring ke kanan sangat disarankan karena posisi tidur seperti ini sangat baik untuk kesehatan janin, melancarkan peredaran darah dan mencegah nyeri punggung. Selain itu, posisi tidur miring juga sangat nyaman untuk ibu hamil.
  • Agar kesehatan jantung tetap terjaga dengan baik, tidurlah dengan posisi miring ke kanan. Posisi tidur miring bisa mengistirahatkan beban kerja jantung yang sangat berat sepanjang hari.
  • Manfaat tidur miring ke kanan bagi kesehatan yang berikutnya adalah dapat melancarkan pencernaan. Tidur miring ke kanan bisa membantu kerja usus besar, maka sangat disarankan bagi anda yang memiliki masalah buang air besar untuk tidur dengan posisi miring ke kanan.
  • Tidur miring ke kanan ataupun ke kiri bisa membantu meredakan nyeri punggung dan pinggang. Ketika anda tidur terlentang, punggung akan menanggung beban yang berat sehingga rawan mengalami masalah nyeri punggung. Namun berbeda halnya jika kita tidur miring ke kanan ataupun ke kiri, punggung tidak akan menanggung beban yang terlalu berat.
  • Meringankan kerja lambung merupakan salah satu manfaat tidur miring ke kanan bagi kesehatan. Tidur dengan posisi seperti ini akan melonggarkan ruang kerja lambung.
  • Jika posisi tidur favorit anda adalah miring ke kanan, ini sangat baik karena posisi tidur miring ke kanan meningkatkan kesehatan paru-paru anda.
  • Seiring bertambahnya usia seseorang, maka kemampuan menyerap nutrisi dalam tubuh pun semakin berkurang. Nah, untuk tetap menjaga kemampuan menyerap nutrisi terutama zat besi, tidurlah dengan posisi miring ke kanan karena posisi tidur seperti ini dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh.

Itulah beberapa manfaat tidur miring ke kanan bagi kesehatan. Selain mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, bagi anda yang muslim tidur dengan posisi miring ke kanan juga merupakan sunnah yang diajarkan oleh Rasullullah Shallalahu ‘alahi wassalam dan merupakan cara tidur Rasullullah Shallalahu ‘alahi wassalam sehari-hari. Sekian dan semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!