Manfaat Sidaguri Untuk Mengobati Asam Urat

Sidaguri merupakan salah satu jenis tanaman obat dari famili Malvaceae. Tanaman ini adalah tanaman semak yang tumbuh liar dan banyak ditemui di bawah pohon besar, di pinggir sungai dan di pinggir selokan. Sidaguri tersebar di daerah tropis di seluruh dunia, dari dataran rendah sampai dataran tinggi. Salah satu khasiat utama sidaguri adalah menyembuhkan penyakit asam urat. Manfaat sidaguri untuk asam urat bisa didapat karena sidaguri mengandung minyak atsiri, asam amino, fenol, saponin, tanin, kalsium oksalat dan alkaloid. Pambagiannya adalah tanin dan oksalat terdapat pada batang. Sedangkan efedrine, steroid dan alkaloid terkandung pada akar sidaguri. Berikut ini adalah penjelasan secara lengkap mengenai manfaat sidaguri untuk mengobati asam urat.


Obat Herbal Asam Urat

 

Kandungan polifenol dan flavonoid pada akar bersifat diuretik, sehingga asam urat akan luruh dan terbuang bersama urin. Sidaguri juga dapat menghambat produksi enzim xantin oksidase (XO), yang merupakan enzim penting, yang turut berperan dalam sintesa asam urat.

Ekstrak kasar flavonoid pada tanaman sidaguri mampu untuk menghambat aktivitas XO sampai 55%. Selain untuk mengobati rematik dan asam urat, tanaman sidaguri juga bermanfaat untuk mengobati eksim, radang kulit bernanah, bisul, kencing batu, sakit kuning, sakit perut, disentri, radang usus, radang amandel, malaria, demam, dan flu. Manfaat sidaguri untuk mengobati asam urat akan terasa saat kita membuatnya menjadi ramuan herbal atau tradisional. Bagaimana caranya? langkah pertama adalah siapkan bahannya terlebih dahulu yaitu 30 sampai 50 gram akar kering sidaguri dan 2 sampai 3 gelas air bersih. Setelah bahan siap, cuci akar sidaguri sampai bersih, kemudian potong kecil-kecil. Rebus potongan akar sidaguri hingga tersisa 1 gelas. Simpan rebusan sidaguri tersebut selama 1 malam dengan kondisi tertutup rapat. Lalu minum air rebusan tersebut pada pagi harinya.

Sebagai catatan, karena tanaman sidaguri mengandung alkaloid dan efedrine, sebaiknya tidak dikonsumsi oleh orang yang memiliki sensitivitas terhadap alkaloid dan efedrine. Tidak disarankan juga untuk wanita hamil, menyusui, dan anak-anak. Demikianlah penjelasan mengenai manfaat sidaguri untuk mengobati asam urat. Sekian dan semoga bermanfaat… 🙂


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!