Manfaat Selfie Untuk Kesehatan Tubuh

Apakah anda punya kebiasaan selfie? jika ya, berarti anda tidak sendirian. Karena di zaman serba digital seperti saat ini bisa dikatakan hampir semua orang terutama wanita memiliki kebiasaan selfie. Entah itu di restoran, tempat pertunjukan musik, pertandingan sepak bola dan lain-lain kita sudah tidak asing lagi dengan pemandangan orang sedang berselfie ria terlebih lagi di tempat-tempat dengan pemandangan menakjubkan. Selama ini selfie sering dikaitkan dengan sifat hobi pamer dan narsis. Tapi nyatanya, kebiasaan selfie merupakan hal yang wajar dan normal. Bahkan menurut penelitian, selfie mempunyai banyak manfaat kesehatan baik kesehatan fisik maupun mental. Apa saja manfaatnya? berikut ini adalah beberapa manfaat selfie untuk kesehatan tubuh yang dikutip dari Vivo Mobile Indonesia.

Mendeteksi Penyakit

Salah satu kelebihan selfie yang berguna untuk anda adalah dapat membantu mendeteksi penyakit seperti anemia atau eksim. April Armstrong, yang merupakan seorang peneliti dari Universitas Colorado menjelaskan bahwa selfie bisa membantu mengidentifikasi perubahan kulit yang terjadi. Bahkan, saat ini sudah ada aplikasi Eyenaemia yang dibuat oleh mahasiswa kedokteran di Australia. Aplikasi ini berfungsi untuk mendeteksi anemia lewat mata seseorang.

Meningkatkan Semangat

Manfaat selfie untuk kesehatan tubuh berikutnya adalah dapat meningkatkan semangat. Menurut seorang psikolog yaitu Jessamy Hibberd, seseorang yang mendapatkan komentar positif karena unggahan foto selfienya, akan mendapatkan motivasi dan semangat yang meningkat untuk menjalani kegiatan sehari-hari. Sebagai contoh, jika anda sedang berolahraga malam untuk menurunkan berat badan lalu anda mendokumentasikannya dengan selfie dan menguploadnya di media sosial. Tentu akan ada komen dari teman-teman yang memberi semangat kepada anda di medsos. Dengan begitu, anda pun jadi lebih bersemangat dengan program menurunkan berat badan bukan?

Berpikir Lebih Positif

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di University of California Irvine (UCI), mereka yang suka selfie tanpa dipaksaan dan sambil tersenyum akan berpikir lebih positif dan lebih bersemangat. So, ketimbang memasang duck face, lebih baik pasang senyum ketika selfie. Selain itu, selfie dengan senyum juga bisa membuat anda merasa bahagia.

Meningkatkan Rasa Percaya Diri & Kenyamanan

Secara tidak langsung, selfie bisa membuat anda merasa lebih nyaman dengan diri sendiri. Mengapa? karena anda tidak akan mempedulikan komentar negatif yang muncul di sosmed ketika anda puas dengan hasil selfie yang perfect. Sebaliknya, anda akan merasa lebih bahagia dan percaya diri jika ada komentar positif mengenai photo selfie anda di media sosial.

Meningkatkan Kreativitas

Manfaat selfie untuk kesehatan tubuh terutama kesehatan psikis yang berikutnya adalah dapat meningkatkan kreativitas. Mengapa? sebenarnya, hal ini berhubungan dengan foto yang akan diunggah di sosial media. Karena tentu anda akan merasa bosan jika hasil foto selfie anda itu-itu saja. Selain itu, anda pun bisa melakukan selfie untuk menyuarakan suara hati atau aspirasi anda. Seperti yang baru-baru ini yang dilakukan oleh arti Alicia Keys. Ia menggunggah foto selfienya tanpa riasan sama sekali. Hal ini bertujuan untuk memberikan motivasi kepada perempuan supaya tampil cantik dengan caranya sendiri-sendiri.

Itulah beberapa manfaat selfie untuk kesehatan tubuh. Selain beberapa manfaat diatas, ternyata selfie juga bisa membuat anda merasa lebih menikmati hidup. Tapi ingat, meskipun bermanfaat, jika terlalu sering selfie justru bisa berakibat buruk untuk kesehatan psikis maupun fisik. Sekian dan semoga bermanfaat.


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!