Manfaat Minum Air Tajin Untuk Kesehatan Tubuh

Apa itu air tajin? air tajin atau air rebusan beras merupakan cairan berwarna putih yang muncul saat kita memasak nasi. Sejak dahulu, air tajin diberikan pada bayi sebagai pengganti susu. Tapi dewasa ini, tidak jarang air tajin juga diberikan pada orang dewasa. Karena ternyata selain bermanfaat untuk bayi atau anak-anak, air tajin juga bermanfaat untuk orang dewasa. Air tajin banyak mengandung asam amino dan karbohidrat yang berguna untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Lantas, apa saja manfaat kesehatan yang akan kita dapat jika rajin mengkonsumsi air tajin? berikut ini adalah beberapa manfaat minum air tajin untuk kesehatan tubuh.

Cegah Sinar UV Di Kulit

Air tajin mampu mengurangi dampak buruk sinar ultraviolet. Mengapa? karena kandungan senyawa aryzanol pada air tajin mampu melindungi kulit secara efektif dari radiasi ultraviolet. Dengan begitu, kesehatan kulit akan tetap terjaga.

Pertahankan Imun Tubuh

Manfaat minum air tajin untuk kesehatan tubuh yang berikutnya adalah mampu mempertahankan kekebalan tubuh atau imun dengan baik. Beberapa macam penyakit musiman seperti demam, batuk dan flu tidak akan mudah menyerang jika anda mengkonsumsi segelas air tajin hangat.

Mencegah Alzheimer

Beberapa kandungan pada air tajin juga ternyata berkhasiat untuk neurotransmiter dan sistem syaraf otak sehingga dapat membantu mencegah alzheimer.

Mencegah Kanker

Manfaat minum air tajin untuk kesehatan tubuh yang berikutnya adalah mencegah kanker. Air tajin banyak mengandung karbohidrat, antioksidan, vitamin A dan fenol yang berkhasiat menghambat perkembangan berbagai sel kanker dalam tubuh.

Sumber Energi

Air tajin menjadi salah satu minuman yang kaya akan energi karena berasal dari beras putih yang diyakini menjadi salah satu sumber karbohidrat utama. Maka dari itu air tajin sangat baik bagi anda yang ingin mengembalikan energi tubuh.

Mencegah Sembelit / Konstipasi

Air tajin banyak mengandung karbohidrat dan serat yang baik untuk pergerakan usus yang sehat serta memperbaiki sistem pencernaan. Minumlah satu gelas air tajin untuk meredakan sakit perut dan melancarkan pencernaan.

Meredakan Diare

Selain meredakan sembelit, air tajin juga dapat mengatasi diare. Mengapa? karena air tajin memberi asupan elektrolit, karbohidrat dan serat untuk tubuh. Tidak hanya itu saja, air tajin juga dapat menetralkan asam di perut.

Mencegah Dehidrasi

Tanda-tanda anda mengalami dehidrasi adalah kurang konsentrasi dan mudah lelah. Ini terjadi karena tubuh kekurangan cairan. Untuk mengatasinya, anda bisa minum air tajin. Air tajin mampu memberikan nutrisi yang cukup sehingga anda bisa terhindar dari masalah dehidrasi, terlebih lagi disaat kondisi cuaca panas.

Itulah tadi beberapa manfaat minum air tajin untuk kesehatan tubuh. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, minumlah segelas air tajin hangat setiap pagi. Sekian dan semoga bermanfaat.


Manfaat Minum Air Tajin Untuk Kesehatan Tubuh

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!