Manfaat Melakukan Donor Darah Bagi Kesehatan

Berbagi merupakan suatu perbuatan yang sangat terpuji dan pasti diajarkan di agama manapun. Berbagi kepada sesama tidak harus berbentuk materi, ada banyak cara untuk berbagi yang dapat anda lakukan. Dan donor darah merupakan salah satu cara terbaik untuk berbagi yang bisa anda jalankan. Ya, darah merupakan salah satu hal vital untuk kehidupan kita sebagai manusia. Lebih jauh, ada beberapa orang yang kurang beruntung yang kekurangan darah dan sangat membutuhkan pasokan darah. Selain perbuatan mulia, ternyata donor darah juga bermanfaat untuk kesehatan. Lantas, apa saja manfaatnya? berikut ini adalah beberapa manfaat melakukan donor darah bagi kesehatan.

Membantu Menurunkan Level Zat Besi

Tubuh memang memerlukan asupan zat besi. Namun ingat, kebutuhan zat besi tersebut hanya pada level tertentu. Jika tubuh kekurangan atau kelebihan zat besi justru akan berbahaya untuk kesehatan. Nah, dengan melakukan donor darah dapat membantu menjaga keseimbangan zat besi dalam tubuh.

Dapat Membakar Kalori

Manfaat melakukan donor darah bagi kesehatan yang berikutnya adalah dapat membantu menurunkan berat badan. Sekitar 650 kalori akan terbakar ketika anda melakukan donor darah sebanyak 500ml. Nah, jika anda susah menurunkan berat badan padahal sudah bersusah payah manjalankan diet, donor darah bisa menjadi solusi yang baik untuk menjaga berat badan anda tetap stabil.

Mendapat Fasilitas Kesehatan Gratis

Yang dimaksud fasilitas kesehatan gratis disini adalah anda dapat memeriksa kondisi kesehatan tubuh anda seperti tingkat kolesterol, tingkat tekanan darah dan masalah penyakit lainnya tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun. Karena sebelum melakukan donor darah, akan dilakukan prosedur pemeriksaan kesehatan pada tubuh anda.

Melancarkan Peredaran Darah

Untuk mengalirkan oksigen keseluruh tubuh, darah mempunyai kekentalan khusus. Selain itu supaya lebih lancar, sel dalam darah juga perlu diperbaharui. Nah, produksi sel darah akan meningkat dengan melakukan donor darah. Dengan lancarnya peredaran darah, maka resiko penyumbatan arteri dan serangan jantung akan berkurang.

Itulah beberapa manfaat melakukan donor darah bagi kesehatan. Selain bermanfaat untuk si penerimanya, ternyata donor darah juga bermanfaat untuk si pemberi. Jadi anda tidak perlu khawatir mengenai anggapan yang mengatakan bahwa donor bisa membuat kesehatan terganggu. Sekian dan semoga bermanfaat.


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!