Manfaat Makan Duduk Di Lantai Bagi Kesehatan

Makan merupakan aktivitas yang harus dilakukan oleh semua orang. Karena dengan makan, tubuh kita akan memperoleh energy untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Memperhatikan kandungan nutrisi dan gizi pada sebuah makanan sebelum kita mengkonsumsinya memanglah penting. Ini untuk memastikan tubuh kita tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Tetapi selain itu, bagaimana cara kita makan juga merupakan hal yang penting. Karena cara makan juga bisa mempengaruhi kesehatan seseorang. Saat ini kebanyakan masyarakat lebih memilih makan di meja makan dan duduk di kursi. Tapi tahukah anda, jika makan dengan cara tradisional yaitu lesehan atau makan dilantai mempunyai manfaat bagi kesehatan. Lantas, apa saja manfaatnya? berikut ini adalah beberapa manfaat makan duduk di lantai bagi kesehatan.

  • Makan di lantai atau lesehan bisa melancarkan sirkulasi darah dan menguatkan jantung. Jantung akan menjadi lebih kuat karena ketika lesehan, aliran darah jadi lebih gampang di pompa lewat jantung.
  • Makan di lantai juga bisa membantu untuk memperbaiki postur tubuh. Postur tubuh anda akan dikoreksi secara otomatis ketika duduk di lantai. Punggung menjadi lebih tegak dan rasa sakit pada persendian akibat postur yang buruk bisa diatasi.
  • Manfaat makan duduk di lantai bagi kesehatan yang berikutnya adalah membantu merasa cepat kenyang. Dibandingkan dengan duduk di meja, makan dengan duduk di lantai akan membuat anda makan lebih lambat. Nah, hal ini membuat perut dan otak mempunyai cukup waktu untuk mengirimkan sinyal kenyang.
  • Makan lesehan bisa mengurangi rasa sakit pada otot di beberapa bagian tubuh. Nah, hal ini bisa membantu tubuh menjadi lebih sehat dan lebih fleksibel.
  • Biasanya, ketika duduk di lantai kita akan duduk bersila. Nah, posisi ini bisa melancarkan proses pencernaan. Selain itu, otot perut akan aktif ketika kita membungkuk dan mengambil makanan lalu kembali lagi ke posisi awal. Dengan aktifnya otot perut, maka sekresi lambung akan meningkat dan makanan jadi lebih mudah dicerna.
  • Manfaat makan duduk di lantai bagi kesehatan yang berikutnya adalah melemaskan otot. Secara tidak sadar anda telah melakukan sebagian kecil gerakan yoga saat makan dengan duduk di lantai. Posisi duduk yang anda lakukan akan melemaskan otot dan membantu merasa lebih tenang.

Itulah tadi beberapa manfaat makan duduk di lantai bagi kesehatan yang dikutip dari Indiatimes.com. Yuk, budayakan lagi cara makan tradisional seperti ini. Jika anda tidak bisa melakukannya di rumah, saat ini banyak kok tempat makan atau restoran dengan tempat duduk lesehan. Sekian dan semoga bermanfaat.


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!