Manfaat Kayu Manis Untuk Asam Urat

Kayu manis merupakan tumbuhan asli Indonesia. Kayu manis adalah salah satu rempah yang biasa dimanfaatkan masyarakat Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Selain sebagai bumbu penyedap masakan dan pembuatan kue, kayu manis sejak dahulu dikenal memiliki berbagai khasiat. Bahkan, kayu manis saat ini sudah menjadi bagian dari bahan baku dalam industri jamu dan kosmetik. Dalam hal kesehatan, kayu manis banyak digunakan sebagai bahan herbal atau ramuan tradisional untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti diabetes dan asam urat. Nah, kali ini portalsehat.net akan memberikan penjelasan mengenai manfaat kayu manis untuk asam urat dan cara membuat ramuan tradional untuk menyembuhkan asam urat dengan kayu manis.


Obat Herbal Asam Urat

 

Kayu manis atau yang dikenal juga dengan sebutan Cinnamomum Burmani memang mempunyai efek farmakologis yang diperlukan dalam obat-obatan. Tanaman yang akar, daun dan kulit batangnya dapat dimanfaatkan sebagai obat-obatan ini berkhasiat untuk menghilangkan sakit (analgesik), meningkatkan nafsu makan (istomachica), antirematik, sebagai peluruh keringat (diaphoretic) dan peluruh kentut (carminative). Zat penyamak, damar, kalsium oksalat, tanin, sinamaldehide, safrole, eugenol, dan minyak atsiri merupakan kandungan kimia yang terdapat dalam kayu manis. Sedangkan wangi, hangat, sedikit manis dan pedas adalah sifat kimia dari kayu manis.


programdetoksifikasi

 

Menurut pakar obat-obatan herbal, Profesor Hembing Wijayakusuma, kayu manis memiliki banyak khasiat, diantaranya obat asam urat, tekanan darah tinggi atau hipertensi, radang lambung atau maag (gastritis), tidak nafsu makan, sakit kepala (vertigo), masuk angin, perut kembung, diare, muntah-muntah, hernia, susah buang air besar, sariawan, asma, dan sakit kuning.

Cara memaksimalkan manfaat kayu manis untuk asam urat adalah dengan membuat ramuan herbal. Seperti apa cara membuatnya? Pertama siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu yaitu 1 biji jari kayu manis, 5 gram biji pala, 5 butir kapulaga, 5 butir cengkeh, 200 gram ubi jalar merah, 10 butir merica, 15 gram jahe merah, dan air 1.500 cc. Setelah semua bahan siap, rebus semua bahan tersebut hingga airnya tersisa kira-kira 500 cc. Setelah itu, angkat dan kemudian saring. Tambahkan 200 cc air susu cair dan kemudian minum. Kemudian makanlah ubi yang sudah direbus tadi.

Itulah tadi penjelasan mengenai apa manfaat kayu manis untuk asam urat dan cara membuat ramuan herbal atau tradisional untuk mengobati asam urat. Sekian dan semoga bermanfaat.


Manfaat Kayu Manis Untuk Asam Urat

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!