Manfaat Jalan Kaki 30 Menit Setiap Hari Bagi Kesehatan

Pada zaman sekarang ini bisa dikatakan kesehatan seseorang berbanding terbalik dengan kemajuan zaman. Ya, kemajuan teknologi justru membuat seseorang tidak banyak bergerak dan kurang berolahraga. Selain itu, kesibukan sehari-hari juga semakin membuat kita malas untuk berolahraga. Padahal untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh, olahraga sangat diperlukan dan menjadi salah satu kunci utama agar badan tetap sehat dan fit. Namun jika memang anda benar-benar tidak sempat, ada alternatif lain yang bisa anda lakukan yaitu berjalan kaki selama 30 menit atau lebih setiap hari. Anda bisa berjalan santai di sela-sela jam kerja atau saat bersama keluarga. Dengan melakukan hal tersebut ada beberapa manfaat yang bisa anda rasakan. Apa saja? berikut ini adalah beberapa manfaat jalan kaki 30 menit setiap hari bagi kesehatan.

Memperlancar Sistem Pencernaan

Manfaat jalan kaki 30 menit setiap hari bagi kesehatan yang pertama adalah melancarkan sistem pencernaan. Berolahraga ringan seperti jalan santai sangat disarankan bagi anda yang mengalami masalah dengan sistem pencernaan seperti susah buang air besar. Hal ini bisa terjadi karena ketika kita berjalan kaki, otot-otot perut akan aktif dan membantu melancarkan sistem pencernaan.

Mengurangi Resiko Penyakit Kronis

Manfaat jalan kaki 30 menit setiap hari bagi kesehatan berikutnya adalah mampu mencegah berbagai macam penyakit kronis seperti diabetes dan hipertensi. Hal ini telah dibuktikan oleh berbagai penelitian seperti yang dilakukan oleh University of Tennessee dan University of Builder Colorado, mereka menemukan bahwa resiko penyakit stroke bisa diturunkan hingga 20-40 persen dan mengurangi tekanan darah hingga 11 poin jika anda melakukan jalan kaki 30 menit per hari. Selain itu, American Diabetes Association juga menjelaskan bahwa khasiat berjalan kaki 30 menit sehari adalah dapat mengurangi resiko penyakit diabetes.

Selain itu dilansir oleh New England Journal of Medicine, sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2002 mendapatkan data bahwa jika seseorang berjalan kaki dengan kecepatan sedang minimal 30 menit sehari selama 5 hari dalam seminggu, maka akan mempunyai resiko 80 persen lebih kecil terserang penyakit kardiovaskular dibandingkan dengan mereka yang tidak rajin berjalan kaki.

Mengatasi Masalah Perut Buncit

Manfaat jalan kaki 30 menit setiap hari bagi kesehatan selanjutnya adalah dapat menghilangkan perut buncit. Tentu ini kabar gembira bagi anda yang mempunyai perut buncit namun malas berolahraga. Seorang penulis buku The Doctor On Demand Diet yaitu Melina B. Jampolis, MD mengemukakan bahwa respon tubuh terhadap insulin dapat meningkat apabila kita rutin berjalan kaki, dengan begitu maka lemak perut bisa dikurangi. Itulah kenapa jalan kaki bisa mengecilkan perut buncit. Selain itu, seorang pelatih kebugaran di New York City yaitu Ariel Lasevoli mengatakan bahwa cara paling efektif dan gampang untuk mengatur komposisi tubuh adalah dengan berjalan kaki setiap hari. Hal ini dikarenakan rajin berjalan kaki dapat membantu tubuh membakar kalori sehingga proses metabolisme lancar. Lebih jauh, berjalan kaki secara rutin bermanfaat untuk menjaga kekuatan otot.

Meningkatkan Kreativitas

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of Experimental Psychologi, Learning, Memory, and Cognition tahun 2014 menemukan bahwa kreativitas seseorang bisa meningkat dengan cara rutin berjalan kaki setiap hari. Penelitian yang dilakukan adalah dengan cara menguji kreativitas sekelompok orang yang duduk dan bejalan kaki. Hasilnya, kreativitas orang yang berjalan kaki lebih baik dari orang yang duduk. Nah, jika anda merasa kurang kreatif atau tidak mendapatkan ide-ide segar, cobalah untuk berjalan kaki beberapa menit agar kreativitas anda meningkat.

Memperbaiki Mood

Manfaat jalan kaki 30 menit setiap hari bagi kesehatan berikutnya adalah bisa menjaga dan memperbaiki mood menjadi lebih positif. Dikutip dari yahoo.com, Melina B. Jampolis, MD kembali mengatakan bahwa sistem saraf bisa dimodifikasi secara signifikan dengan cara berjalan kaki. Dampaknya, perasaan marah dan benci pun bisa ditekan dengan baik sehingga mood tetap baik sepanjang hari.

Itulah beberapa manfaat jalan kaki 30 menit setiap hari bagi kesehatan. So, jangan lupa untuk berjalan kaki selama 30 menit atau lebih per hari ya. Sekian dan semoga bermanfaat.


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!