Manfaat Essential Oil Untuk Mengobati Penyakit

Coba anda bayangkan sejak lahir hingga sekarang sudah berapa banyak bahan kimia yang masuk ke dalam tubuh anda? cukup banyak bukan?. Dan salah satu bahan kimia yang sering masuk ke dalam tubuh anda tanpa disadari adalah suplemen atau obat-obatan. Meskipun tampak sepele, tetapi dampak jangka panjang tetap akan dirasakan oleh tubuh. Maka dari itu saat ini banyak orang yang lebih memilih pengobatan secara alami. Dan salah satu pengobatan dengan bahan alami yang tidak perlu diminum adalah essential oil. Ya, Essential oil merupakan pengobatan alami yang cukup populer saat ini karena mempunyai manfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit. Penyakit apa saja? berikut ini adalah beberapa manfaat essential oil untuk mengobati penyakit.

Demam

Jika anda mengalami demam, jangan pernah biarkan demam tersebut mengganggu. Atasi dengan campuran lemon oil, tea tree, dan chamomile oil. Caranya campurkan ketiga bahan tersebut ke dalam air hangat untuk mandi. Demam akan segera teratasi dengan keluarnya keringat dari dalam tubuh akibat dari penggunaan campuran chamomile oil, tea tree, dan lemon tree yang membantu melancarkan sirkulasi darah.

Sakit Tenggorokan

Manfaat essential oil untuk mengobati penyakit berikutnya adalah dapat meredakan sakit tenggorokan. Ya, oregano oil merupakan bahan alami yang ampuh untuk melawan sakit tenggorokan. Selain itu, oregano juga mempunyai kandungan ajaib yang bisa melawan penyebaran virus dalam tubuh. Caranya cukup dengan menghirup uap air panas yang sudah dicampur dengan 2 sampai 3 tetes oregano oil. Dalam sehari ulangilah langkah tersebut sebanyak 2 sampai 3 kali.

Membantu Cepat Tidur Saat Sakit Flu

Selain menyebabkan rasa pusing, sakit flu juga bisa mengakibatkan susah tidur. Untuk mengatasinya, cobalah campurkan air dengan beberapa tetes lavender essential oil ke dalam botol semprot. Lalu sebelum tidur, semprotkanlah campuran ini pada permukaan bantal. Dengan begitu, tubuh akan menjadi lebih nyaman, tenang dan efeknya anda jadi lebih mudah tidur.

Batuk

Manfaat essential oil untuk mengobati penyakit berikutnya adalah dapat meredakan batuk. Batuk bisa diatasi dengan menyiapkan tungku pembakaran aromaterapi dan memberikan beberapa tetes essential eucalyptus oil (kayu putih). Tempatkan tungku pembakaran tersebut sepanjang malam di dekat tempat tidur. Selain itu, ada cara lain untuk mengatasi batuk yaitu dengan mengoleskan eucalyptus oil pada telapak kaki kemudian gunakan kaos kaki untuk membungkus telapak kaki anda.

Pilek

Saat anda menderita pilek dan begitu mengganggu sampai menghalangi jalan pernafasan, campurkanlah beberapa tetes tea tree oil atau peppermint ke dalam minyak kelapa. Untuk memberikan rasa lega, oleskan bahan alami tersebut pada bagian bawah hidung serta dada.

Itulah beberapa manfaat essential oil untuk mengobati penyakit yang dikutip dari laman brit.co. Bagaimana? cukup mudah bukan? selain mudah, pengobatan secara alami dengan essential oil ini terbilang aman karena tanpa campuran bahan kimia. Sekian dan semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!