Manfaat Daun Seledri Untuk Asam Urat

Apium Graveolens atau yang dikenal dengan nama seledri dapat tumbuh baik di dataran tinggi ataupun dataran rendah. Di berbagai negara seledri dikenal dengan nama yang berbeda seperti parsley & selinon (jerman), celeri (Italia), celeri (Perancis), celery (Inggris)  Tanaman seledri di kelompokkan sebagai sayuran. Ciri fisik seledri ialah tumbuh berbonggol serta mempunyai batang basah bersusun. Tanaman seledri dapat dikembangbiakkan dengan 2 cara, yaitu melalui bijinya atau pemindahan anak rumpunnya. Di kalangan masyarakat Indonesia, daun seledri dimanfaatkan sebagai pelengkap sayuran. Berawal dari tahun 1940-an, secara ilmiah seledri sudah diakui sebagai tumbuhan berkhasiat obat dan salah satunya adalah sebagai obat asam urat. Berikut ini adalah penjelasan mengenai manfaat daun seledri untuk asam urat.


Obat Herbal Asam Urat

 

Mengapa daun seledri bermanfaat untuk mengobati asam urat? karena daun seledri mengandung flavonoid, apiol, apiin dan glikosida yang berkhasiat dan efektif untuk mengatasai masalah persendian termasuk asam urat. Selain itu, daun seledri juga mengandung Vitamin C, Vitamin B1, Vitamin A, besi, fosfor dan kalsium. Di samping substansi diuretik yang bermanfaat untuk menambah jumlah air kencing, daun seledri juga banyak mengandung apiin. Agar mendapatkan manfaat daun seledri untuk asam urat, kita harus mengolahnya menjadi obat alami.

Untuk mengobati asam urat dengan daun seledri, anda bisa menggunakan 4 cara, yaitu:

  • Ambil satu tangkai daun seledri, lalu dimakan sebagai lalapan setiap kali makan. Mengkonsumsi seledri secara langsung sebagai lalapan tidaklah sulit karena daun seledri mempunyai rasa yang cukup bersahabat di lidah.
  • Menjadikan seledri sebagai ramuan asam urat. Caranya siapkan 3 gelas air bersih dan 1 sendok biji seledri, lalu rebus biji seledri sampai tersisa 1 gelas air saja. Angkat lalu saring, dan minum sekaligus jika sudah hangat. Minumlah ramuan ini sebanyak 2 sampai 3 kali sehari, tergantung pada beratnya penyakit.
  • Selain dengan biji seledri, anda pun bisa merebus daun seledri untuk menjadikannya ramuan asam urat. Caranya rebus seikat daun seledri dengan 3 gelas air. Setelah airnya tersisa kira-kira satu gelas, angkat dan saring lalu minumlah air rebusan tersebut sebanyak 3 kali sehari agar mendapat manfaat daun seledri untuk asam urat.
  • Anda juga bisa membuat jus seledri untuk mengobati asam urat. Caranya potong menjadi 5 – 6 bagian seikat daun seledri yang sudah dicuci bersih, masukkan air secukupnya dan anda bisa menambahkan madu agar jus tersebut lebih berasa. Konsumsilah jus ini setiap hari agar asam urat anda berkurang.

Itulah penjelasan mengenai manfaat daun seledri untuk asam urat serta cara mengobati asam urat dengan menggunakan daun seledri. Pilihlah cara mana yang menurut anda paling mudah. Sekian dan semoga bermanfaat.


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!