Manfaat Buah Mengkudu Untuk Mengobati Asam Urat

Sudah sejak lama buah mengkudu biasa digunakan sebagai bahan makanan. Sebagai bahan makanan, mengkudu menyediakan nutrisi yang cukup lengkap. Sebagian besar adat budaya Polinesia, masa lampau maupun sekarang, menggunakan buah mengkudu sebagai makanan utama. Selain sebagai bahan makanan, ternyata buah mengkudu atau morinda citrifolia juga memiliki manfaat yang sangat baik sekali untu mengobati berbagai macam penyakit dan salah satunya adalah penyakit asam urat. Lalu seperti apa manfaat buah mengkudu untuk mengobati asam urat? dan bagaimana pula cara mengolah buah mengkudu untuk dijadikan sebagai obat asam urat? berikut ini adalah penjelasannya.


Obat Herbal Asam Urat

 

Mengkudu merupakan salah satu jenis tanaman yang berasal dari famili Rubiaceae. Ciri khas buah mengkudu ini adalah baunya yang sangat menyengat dan banyak tumbuh liar disekitar kebun. Buah mengkudu memiliki khasiat sebagai antibakteri, antiarthritis, antimalaria, antidiabetes, antiviral, dan mengurangi sifat toksik obat serta sebagai imunomodlator.

Kandungan buah mengkudu antara lain adalah scolopetin, xeronin, proxenonin, proxeronase, damnacanthal, nondamnacanthal. asam amino, dan mineral seperti magnesium, besi, dan fosfat. Senyawa scolopetin sangat efektif sebagai anti peradangan seperti radang sendi atau asam urat. Selain itu, senyawa scolopetin juga berguna sebagai antialergi.

Asam urat dapat diatasi oleh buah mengkudu karena zat-zat aktif yang terkandung dalam sari buah mengkudu dapat mematikan bakteri penyebab infeksi seperti Pseudomonas Aeruginosa, Protens Morganii, Staphylococcus Aureus, Bacillus Subtilis, dan Escherichia Coli. Zat antibakteri juga dapat mengontrol bakteri pathogen (mematikan), seperti Staphylococcus Aureus, S. Pradysenteriae, S. Flexnerii, Shigella Dusenteriae, S. Typhi, S. Scotmuelleri, dan Salmonella Montividio.

Lalu bagaimana cara membuat ramuan buah mengkudu untuk mengobati asam urat? pertama-tama siapkanlah 1 buah mengkudu, madu dan gula secukupnya. Cuci lalu kupas buah mengkudu, kemudian potong-potong. Setelah itu cuci kembali buah mengkudu dan kemudian di blender lalu saring. Tambahkan madu dan gula secukupnya untuk menambahkan rasa agar tidak pahit. Konsumsilah minuman tersebut secara rutin.

Itulah manfaat buah mengkudu untuk mengobati asam urat dan cara membuat ramuannya. Sekian dan semoga bermanfaat… 🙂


programdetoksifikasi

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!