Manfaat Berkumur Dengan Air Garam Untuk Gigi Dan Mulut

Garam merupakan salah satu bumbu masak yang hampir selalu digunakan saat membuat masakan apapun. Selain sebagai bumbu masak, mungkin sebagian orang sudah banyak yang tahu bahwa garam juga sering digunakan sebagai obat alami untuk perawatan tubuh, kulit dan pengobatan lainnya. Beberapa contoh penggunaan garam adalah menjadikannya sebagai scrub untuk menghilangkan bau badan atau berendam dengan air garam untuk mengurangi pegal-pegal di badan. Selain itu, tidak jarang juga orang-orang menggunakan garam untuk berkumur. Lantas, apa manfaatnya? berikut ini adalah beberapa manfaat berkumur dengan air garam untuk gigi dan mulut.

Memutihkan Gigi

Manfaat berkumur dengan air garam untuk gigi dan mulut yang pertama adalah dapat membantu memutihkan gigi. Untuk membuat gigi lebih cerah, cemerlang dan bersih, gosoklah gigi dan berkumur menggunakan air garam. Air garam mampu menurunkan asam dalam mulut dan mengurangi resiko gigi kuning akibat dari makanan yang kita konsumsi.


Rak Tempat Bumbu

 

Membasmi Bakteri

Air garam mampu membunuh bakteri penyebab gigi berlubang jika anda berkumur dengan air garam. Hal ini senada dengan apa yang diungkapkan oleh Eric Shapira, D.D.S. dalam men’s health, beliau mengungkapkan bahwa air garam bisa menaikkan pH dalam mulut sementara. Dengan demikian, bakteri akan mati akibat terciptanya kondisi alkalin dalam rongga mulut.

Mengatasi Gusi Bengkak Dan Sakit Tenggorokan

Berkumurlah dengan air garam jika gusi anda bengkak akibat rongga mulut yang kotor. Karena air garam mampu membunuh bakteri serta membersihkan kotoran rongga mulut penyebab gusi bengkak. Selain itu, air garam juga mempunyai sifat anti-inflamasi yang ampuh mengurangi bengkak dan nyeri pada gusi.

Membasmi Bakteri Rongga Mulut

Dilansir dari Science Tribune, sudah sejak zaman dahulu air garam dijadikan sebagai obat alami untuk mengurangi resiko infeksi akibat bakteri pada rongga mulut. Rongga mulut akan dibilas dengan bersih dari bakteri pemicu masalah gigi dan gusi jika anda berkumur dengan air garam.

Itulah beberapa manfaat berkumur dengan air garam untuk gigi dan mulut. Sekian dan semoga bemmanfaat.


Manfaat Berkumur Dengan Air Garam Untuk Gigi Dan Mulut

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!