Manfaat Berjemur Dibawah Sinar Matahari Pagi Untuk Kesehatan

Bagi kebanyakan orang, sinar matahari merupakan suatu momok yang menakutkan dan harus dihindari. Karena sinar matahari dianggap bisa merusak kulit dan membuat kulit tampak gelap. Jika anda salah satu orang yang beranggapan demikian, sebaiknya rubahlah pemikiran anda tersebut. Mengapa? karena sejak zaman dahulu sinar matahari dipercaya memiliki khasiat dan manfaat yang baik untuk kesehatan. Tapi tentu saja, sinar matahari yang baik adalah saat pagi hari yaitu sekitar pukul 05.00 sampai pukul 08.00. Jadi, sangat disarankan anda berjemur pada jam-jam tersebut untuk mendapatkan beragam manfaat kesehatan dari sinar matahari. Tetapi apa saja sih manfaatnya? dilansir dari boldsky.com, berikut ini adalah beberapa manfaat berjemur dibawah sinar matahari pagi untuk kesehatan.

Menyehatkan Otak

Paparan sinar matahari diyakini dapat meningkatkan produksi serotonin kimia pada otak. Oleh sebab itu, banyak ahli kesehatan yang menganjurkan untuk rutin berjemur di bawah sinar matahari pagi agar otak anda cerdas dan sehat. Selain itu, berjemur di pagi hari juga baik untuk meningkatkan daya ingat.

Meningkatkan Jumlah Testosteron

Manfaat berjemur dibawah sinar matahari pagi untuk kesehatan selanjutnya adalah mampu meningkatkan produksi testosteron. Testosteron merupakan salah satu hormon yang sangat penting untuk tubuh manusia. Mengapa? karena testosteron berfungsi untuk meningkatkan perlindungan terhadap osteoporosis, fungsi imun, energi dan libido seseorang. Jadi, performa seks seseorang akan semakin baik jika jumlah testosteronnya semakin banyak. Nah, berjemur di bawah mentari pagi adalah cara yang paling gampang untuk meningkatkan testosteron.

Mengontrol Tekanan Darah

Berjemur di bawah sinar matahari pagi juga baik bagi anda yang mempunyai masalah dengan tekanan darah. Mengapa? karena ketika kulit mendapatkan cahaya hangat matahari pagi, sistem peredaran darah dipercaya bisa lancar. Vitamin dan nutrisinya pun mampu membantu mengontrol tekanan darah dengan baik. Selain itu, sinar matahari mengandung senyawa oksida nitrat yang dapat menjadi penurun darah tinggi terbaik dan melindungi sistem kardiovaskular.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat berjemur dibawah sinar matahari pagi untuk kesehatan yang selanjutnya adalah dapat meningkatkan kualitas tidur. Bagi anda yang bermasalah dengan gangguan tidur, sebaiknya cobalah berjemur di bawah sinar matahari pagi. Karena cahaya hangat matahari pagi membantu anda merasa lebih tenang dan nyaman sepanjang hari, termasuk ketika hendak tidur. Dengan begitu, maka kualitas tidur andapun akan meningkat. Selain itu, paparan sinar matahari pagi juga membuat pikiran jadi lebih segar dan tidur andapun semakin nyenyak.

Sumber Vitamin D

Rasanya sudah banyak yang mengetahui bahwa sinar matahari merupakan sumber vitamin D alami. Hal ini sangat baik untuk mencukupi kebutuhan vitamin D tubuh agar kekebalan tubuh meningkat, kecerdasan otak meningkat, tulang menjadi sehat dan kuat, resiko kanker berkurang dan menenangkan perasaan. Selain itu, Vitamin D dalam tubuh juga mampu membantu perkembangan bayi dalam kandungan.

Itulah beberapa manfaat berjemur dibawah sinar matahari pagi untuk kesehatan. Selain manfaat yang sudah disebutkan di atas, manfaat lain dari berjemur di pagi hari yaitu bisa membuat kulit lebih cantik dan sehat, sebagai detoksifikasi alami, menyehatkan otot dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sekian dan semoga bermanfaat.


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!