Manfaat Berhenti Makan Junk Food Bagi Kesehatan

Fast food atau makanan cepat saji merupakan makanan yang sangat lezat dan enak. Makanan yang juga dikenal sebagai junk food ini seringkali membuat kita ketagihan dan tidak mau berhenti mengkonsumsinya. Tetapi sayangnya, seorang ahli kesehatan dari Amerika yaitu Keri Glassman mengungkapkan bahwa junk food memberikan efek buruk terhadap kesehatan jika anda memakannya secara berlebihan. Itu karena junk food atau fast food ini mengandung banyak zat kimia dan bahan berbahaya lainnya. Dilansir oleh laman prevention.com, para ahli sangat menganjurkan kepada mereka yang terbiasa mengkonsumsi junk food sebaiknya mengurangi atau bahkan menghentikan kebiasaan tersebut. Karena dengan begitu, ada manfaat kesehatan yang bisa kita peroleh. Apa saja? berikut ini adalah beberapa manfaat berhenti makan junk food bagi kesehatan.

Menurunkan Berat Badan

New England Journal of Medicine melansir sebuah studi yang menjelaskan bahwa di Amerika terdapat lebih dari 12 ribu orang mengalami kenaikan berat badan saat mereka sering makan junk food seperti daging olahan, minuman manis, keripik dan lain-lain. Sedangkan mereka yang sering makan makanan sehat, cenderung mempunyai berat tubuh ideal. Lebih jauh, mereka yang awalnya sering mengkonsumsi junk food lalu berhenti dari kebiasaannya tersebut, berat badan mereka turun secara signifikan dari hari ke hari.

Kulit Bersih Dan Sehat

Manfaat berhenti makan junk food bagi kesehatan yang berikutnya adalah bisa membuat kulit lebih bersih dan sehat. Mengapa? hal ini disebabkan karena biasanya junk food mempunyai rasa asin dan gurih yang banyak mengandung protein dan lemak penyebab komedo, jerawat hingga kerusakan kulit. Maka saat anda berhenti mengkonsumsi junk food, secara otomatis kulit anda menjadi lebih bersih dan sehat karena berkurangnya asupan protein dan lemak penyebab kulit rusak.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Mengurangi atau bahkan berhenti sama sekali mengkonsumsi junk food atau fast food dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Selain itu, jika anda menggantinya dengan makanan sehat seperti sayur atau buah bisa membantu program detoksifikasi, detoksifikasi merupakan proses pembuangan racun dari dalam tubuh.

Tidur Jadi Lebih Nyenyak

Tidur jadi lebih nyenyak merupakan salah satu manfaat berhenti makan junk food bagi kesehatan. Kenapa hal ini bisa terjadi? karena rasa asin dan gurih yang terdapat pada makanan cepat saji atau fast food diyakini dapat membuat tubuh dehidrasi. Seringkali dehidrasi ini membuat kita terbangun di malam hari dan membuat tidur tidak nyenyak. Nah, jika anda termasuk orang yang sering terbangun di malam hari dan susah tidur, cobalah berhenti mengkonsumsi junk food agar tidur anda nyenyak.

Mengurangi Sakit Kepala

Seorang penulis dan CEO The F-Factor Diet yaitu Tanya Zuckerbort, RD, menjelaskan bahwa junk food mengandung nitrit, nitrat, zat pewarna dan MSG bisa memicu sakit kepala. Dengan berhenti mengkonsumsi junk food, maka kita telah mengurangi asupan MSG atau nitra yang menjadi penyebab sakit kepala. Dengan begitu, resiko mengalami sakit kepala pun jadi berkurang.

Itulah tadi beberapa manfaat berhenti makan junk food bagi kesehatan. Selain beberapa manfaat yang sudah disebutkan, berhenti makan junk food juga dipercaya membuat seseorang lebih bugar, sehat dan terhindar dari beberapa penyakit berbahaya seperti liver, ginjal, jantung ataupun kanker. Sekian dan semoga bermanfaat.


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!