Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Hipertensi

Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Hipertensi

Berbagai tuntutan di era yang serba cepat ini membuat banyak orang melupakan pola hidup yang sehat. Tuntutan pekerjaan, tuntutan ekonomi, kemacetan, polusi udara, dan banyak hal negatif lainnya memicu berbagai masalah kesehatan. Diantara berbagai gangguan kesehatan yang muncul diantaranya adalah hipertensi. Dampak dari penyakit ini sangat mematikan, yaitu menjadi penyebab penyakit jantung dan stroke. Seperti yang kita ketahui penyakit jantung dan stroke menempati reputasi “public enemy“. Di Indonesia penyakit ini sudah sejak lama menempati urutan pertama sebagai penyakit yang menyebabkan kematian terbesar. Di bawah ini akan dijelaskan bagaimana manfaat air kelapa muda untuk hipertensi.

Hipertensi adalah salah satu penyakit yang paling banyak dijumpai dan merupakan penyakit kronis. Bila tekanan darah seseorang melebihi 140/90 mm Hg, dan hal itu terus berulang dalam setiap pemeriksaan tekanan darah. Maka orang tersebut bisa dikatakan mengidap hipertensi. Bukan hanya orang dewasa yang bisa terserang penyakit ini, para remaja juga bisa mengidapnya. Hipertensi ini sering disebut “the silent killer“, pembunuh tersembunyi. Kenapa? Karena gejala penyakit ini sering tidak dirasakan orang tersebut, bahkan bisa terjadi selama bertahun-tahun sampai akhirnya muncul masalah serius. Penyebab spesifik dari penyakit ini pun belum diketahui. Hipertensi biasanya muncul seiring dengan bertambahnya usia seseorang, terutama pada mereka yang banyak mengonsumsi makanan bergaram dan memiliki kebiasaan buruk, seperti merokok, obesitas atau jarang berolahraga.

Jika mau disimpulkan, dari sedikit uraian diatas, hipertensi sebenarnya muncul dari dari hal-hal kecil dan kita sepelekan, yaitu karena kita mengabaikan pola hidup yang sehat. Akan tetapi dampaknya begitu mengerikan, munculnya penyakit jantung dan stroke. Jika sudah terserang jantung dan stroke, pastinya masalah yang kita hadapi sudah benar-benar gawat. Untuk menghindari hal tersebut cobalah untuk melakukan pengobatan dengan air kelapa muda. Cara ini bisa dicoba karena mengingat beberapa manfaat air kelapa muda untuk hipertensi. Menurut The West Indian Medical Journal sebanyak 71% dari relawan dengan tekanan darah tinggi setelah minum air kelapa muda dua kali sehari selama 2 minggu menunjukkan penurunan yang signifikan.  Selain itu, sebuah penelitian tahun 2005 menunjukkan air kelapa secara efektif dapat menurunkan tekanan darah tinggi sistolik sebesar 71% dan tekanan diastolik sebesar 29%.

Demikianlah pembahasan mengenai manfaat air kelapa muda untuk hipertensi. Semoga bermanfaat… 🙂

Baca Juga : Mencegah Kanker Payudara Sejak Dini, Pengertian Makanan Sehat, Benarkah Sushi Itu Sehat?, Khasiat Buah Naga Untuk Kesehatan, Cara Mengatasi Nyeri Punggung Untuk Pekerja Kantoran, Menyembuhkan Jantung, Paru-paru Dan Hati Dengan Jus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!