Makanan Yang Harus Dihindari Untuk Mencegah Kanker

Makanan Yang Harus Dihindari Untuk Mencegah Kanker

Makanan Yang Harus Dihindari Untuk Mencegah Kanker – Kanker merupakan penyakit yang begitu menakutkan, menyebutnya saja sudah membuat kita merasa ngeri. Itu karena kanker adalah salah satu penyakit paling mematikan di dunia dan momok yang begitu menakutkan. Penyakit kanker sebenarnya masih bisa dhindari sedini mungkin melalui perubahan gaya hidup dan pola makanan. Hal itu dibuktikan berdasarkan penelitian yang mengungkapkan bahwa penyakit kanker sebanyak 60 sampai 70 persen masih bisa dicegah. Bagaimana caranya? salah satu caranya adalah dengan menghindari makanan yang dapat memicu kanker. Dikutip dari theheartysoul.com, berikut ini adalah beberapa makanan pemicu kanker atau makanan yang harus dihindari untuk mencegah kanker.

Keripik Kentang

Tentu anda tidak menduga bukan, kalau makanan yang sering kita jadikan cemilan sehari-hari ini masuk kategori makanan yang harus dihindari untuk mencegah kanker. Dalam proses pembuatannya, biasanya ditambahkan penambah rasa buatan dan bahan kimia. Selain itu, suhu tinggi pada saat penggorengan akan menghasilkan senyawa yang disebut acrylamide. Senyawa ini juga ditemukan pada rokok yang merupakan penyebab kanker. Jadi sebaiknya anda membatasi konsumsi keripik kentang sekarang juga. Atau jika anda tetap ingin mengkonsumsi keripik kentang, cobalah buat keripik kentang sendiri dengan bahan-bahan yang lebih sehat.

Makanan Kemasan Yang Mengandung BPA

Apa itu BPA? BPA atau bisphenol A adalah bahan kimia yang sering digunakan dalam pembuatan bahan plastik atau resin. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa adanya hubungan antara BPA dan penyakit-penyakit berbahaya seperti diabetes, obesitas, kemandulan, serta kanker. Jadi, periksalah kandungan yang terdapat pada makanan kemasan sebelum anda membelinya. Usahakan jangan sampai ada kandungan BPA.

Produk Makanan Yang Mengandung Nitrat dan Nitrit

Untuk membuat suatu produk makanan manjadi awet dan tahan lama biasanya digunakan nitrat dan nitrit. Senyawa seperti nitrosamides dan nitrosamines akan terbentuk saat makanan yang mengandung nitrat dan nitrit dimasak. Dan kedua senyawa ini akan meningkatkan resiko seseorang terkena kanker.

Popcorn Dan Daging Bakar

Kandungan karsinogenik yang terdapat pada daging bakar akan meningkatkan seseorang terkena kanker. Karsinogenik bisa terbentuk dari hasil pembakaran yang menggunakan kayu atau arang dan daging yang diolesi lemak tambahan. Sedangkan untuk popcorn, lebih kepada kemasan atau wadahnya. Karena biasanya bahan yang digunakan agar minyak tidak bocor adalah perfluoroalkyls, perfluorooctane sulfonate (PFOS) dan perfluorooctanoic acid (PFOA). Nah, masalah akan terjadi ketika bahan-bahan tersebut dipanaskan dan akan menempel pada popcorn yang kita makan. Kita akan beresiko terkena kanker jika mengkonsumi makanan tersebut. Jadi pastikan bahan yang digunakan adalah bahan yang aman.

Sayur Dan Buah Non-Organik

Tidak semua sayur dan buah itu sehat loh, sayur dan buah yang mengandung pestisida dan bahan kimia sangatlah tidak baik bagi tubuh kita. Sebaiknya pilihlan sayur dan buah yang organik atau masih segar biarpun harganya lebih mahal. Karena jika sudah terkena kanker, biaya yang akan kita keluarkan pasti jauh lebih mahal bukan?

Gula Rafinasi dan Makanan Olahan

Kandungan seperti gula, terigu, perasa, minyak, pewarna, tepung dan bahan-bahan tidak sehat lainnya banyak terkandung pada makanan olahan. Meskipun harganya yang murah, apakah anda mau mengorbankan kesehatan demi makanan yang tidak sehat?. Sedangkan gula rafinasi atau refined sugar akan berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. Penelitian juga mengungkapkan kaitan antara konsumsi gula berlebihan dengan penyakit seperti jantung, obesitas, penurunan imunitas, arthritis, kadar HDL rendah, dan lain-lain. Selain itu juga, saat kita mengkonsumsi gula secara berlebihan, sel-sel kanker akan semakin berkembang. Itulah alasannya mengapa gula rafinasi dan makanan olahan masuk kategori makanan yang harus dihindari untuk mencegah kanker.

Pemanis Buatan

Banyak orang yang beralih menggunakan pemanis buatan dengan alasan lebih rendah kalori ataupun kadar gula yang lebih rendah. Padahal, ada senyawa yang terdapat pada pemanis buatan yaitu aspartame apabila dipecah di dalam tubuh akan menghasilkan racun yang disebut DKP. Dan saat senyawa tersebut larut, ini bisa mengakibatkan kanker yaitu tumor otak.

Minuman Soda

Sangat sedikit sekali kandungan nutrisi yang terdapat pada minuman soda atau minuman energi, bahkan bisa dibilang hampir tidak ada. Minuman ini lebih banyak mengandung gula, sirup fruktosa, dan kandungan kimia berbahaya lainnya yang bisa menyebabkan kanker.

Itulah beberapa makanan yang harus dihindari untuk mencegah kanker. Sulit memang awalnya untuk memulai, tetapi demi kesehatan dan keselamatan tubuh anda, ada baiknya anda memulai dari sekarang. Sekian dan semoga bermanfaat… 🙂

Baca Juga : Cara Diet Untuk Mencegah Kanker, Mencegah Kanker Payudara Sejak Dini, Menyembuhkan Jantung, Paru-paru Dan Hati Dengan Jus, Gejala Awal Penyakit Jantung, Perbedaan Asam Urat, Osteoarthritis, dan Rheumatoid Arthritis, Gejala Penyakit Asam Urat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!