Makanan Yang Dapat Mengurangi Kolesterol

Makanan Yang Dapat Mengurangi Kolesterol

Banyak yang mengalami kolesterol tinggi karena pola makan yang tidak seimbang. Kebiasaan mengkonsumsi daging, makanan berminyak, serta makanan manis yang berlebih dapat memacu meningkatnya kadar kolesterol dalam darah. Kolesterol tinggi dapat menjadi penyebab timbulnya penyakit kronis lain, seperti stroke, hipertensi, penyempitan pembuluh darah (arteriosclerosis), serta gagal jantung. Pola makan yang tidak seimbang ketika dilakukan secara terus menerus akan berdampak buruk pada tubuh. Perbaikan pola makan dapat menjadi solusi terhadap dampak buruk kebiasaan pola makan yang tidak seimbang. Mengganti kebiasaan dapat menjadi alternatif untuk memulihkan tubuh dan menurunkan kolesetrol tinggi. Mengganti makanan yang dapat menaikan kolesterol dengan makanan yang dapat mengurangi kolesterol dalam darah.

Kebiasaan mengkonsumsi daging merah, kerang-kerangan, serta daging olahan dapat memacu tingginya kolestrol. Daging merah seperti daging sapi dan kambing dapat meningkatkan kadar kolesterol serta menimbulkan penyumbatan darah dalam pembuluh darah. Kerang-kerangan mengandung krustacea yang dapat meningkatkan kolesterol dua kali lebih tinggi daripada daging. Mengganti daging merah, kerang-kerangan dan daging olah dengan ayam tanpa kulit dan ikan dapat membantu mengurangi lemak yang dikonsumsi. Mengganti konsumsi protein hewani menjadi protein nabati akan lebih baik dalam mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

Penggunaan minyak juga dapat memacu peningkatan kadar kolesterol. Pemilihan minyak untuk memasak harus lebih hati-hati untuk membantu pencegahan kolesterol. Mentega (butter) mengandung lemak jenuh yang sangat berbahaya untuk pembuluh darah. Mengganti mentega (butter) dengan margarin dapat mengurangi kandungan lemak yang dikonsumsi. Penggunaan minyak zaitun murni atau minyak sayur dapat lebih efektif untuk mengurangi kandungan lemak yang dikonsumsi tubuh.

Minum susu memang penting untuk kebutuhan kalsium yang dibutuhkan tubuh. Akan tetapi, banyak susu dipasarkan yang mengandung lemak tinggi. Pemilihan susu harus lebih selektif untuk menjaga kadar kolesterol dalam darah. Mengganti susu biasa dengan susu yang rendah lemak atau tidak berlemak dapat menjadi alternatif untuk tetap mengkonsumsi susu. Susu sapi mengandung lemak jenuh. Menggantinya dengan susu kedelai atau almod dapat menjadi alternatif. Kosumsi susu kedelai dinilai lebih sehat daripada susu sapi karena tidak mengandung lemak jenuh serta laktosa yang tidak bisa dikonsumsi semua orang.

Mengkonsumsi kue kering, donat, serta kue-kue manis lainnya biasanya dinikmati sebagai kudapan diantara jadwal makan. Kue-kue kering serta kudapan manis lainnya mengandung pemanis buatan dan asam lemak trans yang dapat meningkatkan kadar kolestreol dalam darah. Mengganti kudapan manis dengan biskuit atau roti gandum dapat membantu mengurangi konsumsi lemak berlebih. Selain itu, protein nabati dan serat yang terkandung dalam gandum sangat baik untuk tubuh.

Pemilihan dan pengetahuan tentang makanan sangat dianjurkan untuk menurunkan kolesterol dan konsumsi lemak berlebih. Perbaikan pola makan akan membantu tubuh menjadi lebih sehat dan menjauhkan dari penyakit-penyakit kronis.

Baca Juga : Penyebab Kolesterol Dan Asam Urat, Menyembuhkan Jantung, Paru-paru Dan Hati Dengan JusCara Mencegah Penyakit Kronis, Anggur Merah Pencegah Tumor, Bahaya Makan Nasi Dengan Mie,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!