Makanan Yang Bisa Membuat Tidur Nyenyak

Kualitas tidur seseorang akan terganggu jika terlalu banyak melewatkan malam atau begadang. Terlebih lagi jika orang tersebut sedang mempunyai banyak masalah. Tentu masalah tersebut akan membuat pikiran melayang kesana kemari saat menjelang tidur dan membuat tidur tidak nyenyak atau bahkan tidak bisa tidur sama sekali. Nah, jika anda adalah orang yang termasuk mengalami gangguan tidur seperti tidak bisa tidur nyenyak, anda bisa mengkonsumsi makanan dan minuman tertentu sebelum menjelang tidur agar tidur anda nyenyak. Lantas, makanan dan minuman apa saja? berikut ini adalah beberapa minuman dan makanan yang bisa membuat tidur nyenyak yang dikutip dari bedroom.about.com.

Keju

Keju mengandung kalsium yang bisa membuat tubuh anda lebih rileks dan meredakan stres. Selain itu, keju juga bisa membantu merangsang melatonin yang merupakan hormon yang membuat seseorang mengantuk dan tertidur. Agar tidur anda nyenyak, cobalah mengkonsumsi satu mangkuk kecil keju atau sereal gandum dengan 2-3 iris keju. Namun jika anda takut gemuk, pilihlah Jenis Keju Yang Baik Untuk Diet. Keju tersebut diyakini tidak akan membuat tubuh anda gemuk.

Kacang Almond

Makanan yang bisa membuat tidur nyenyak berikutnya adalah kacang almond. Selain kaya akan protein, kacang almond juga mengandung magnesium yang bisa membuat tubuh anda lebih rileks dan mengontrol kadar gula darah sepanjang malam. Khasiat kacang almond yang lain adalah bisa menjaga ketahanan tulang, merangsang aktivitas otak dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Buah Kenari

Buah yang merupakan makanan kesukaan tupai ini ternyata mengandung hormon melatonin, hormon melatonin ini ialah hormon yang membantu tidur anda nyenyak sepanjang malam. Konsumsilah makanan yang bisa membuat tidur nyenyak ini 60 menit sebelum tidur agar tidur anda lelap.

Buah Cherri

Selain buah kenari, ternyata buah yang sering digunakan sebagai hiasan pie atau kue tart ini juga mengandung melatonin yang membuat tubuh anda rileks ketika tidur. Agar tidur anda nyenyak, anda bisa mengkonsumsi jus cherri dua kali sehari atau mengkonsumsi buahnya langsung 60 menit sebelum tidur.

Susu Hangat

Sama halnya dengan keju, susu mengandung kalsium yang bisa membantu merangsang melatonin dan membuat otot anda rileks sehingga anda bisa tidur lebih pulas. Selain itu, kandungan amino acid tryptohan bisa membantu tubuh memproduksi hormon serotonin, hormon yang membuat perasaan nyaman dan rileks. Jadi, konsumsilah segelas susu hangat sebelum tidur agar tidur anda nyenyak dan tidak terbangun di malam hari.

Itulah beberapa cemilan, minuman dan makanan yang bisa membuat tidur nyenyak sepanjang malam. Sekian dan semoga bermanfaat.


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!