Makanan Untuk Meredakan Flu Dan Batuk

Ketika flu dan batuk datang menyerang, semua aktifitas kita pun akan terganggu. Kita jadi malas untuk beraktifitas dan maunya hanya dikamar dan tiduran saja. Flu dan batuk merupakan penyakit yang sering sekali menyerang tubuh kita. Walaupun begitu, anda jangan meremehkan penyakit tersebut karena apabila dibiarkan bisa berakibat fatal untuk kondisi tubuh kita. Pada umumnya, langkah pertama yang dilakukan oleh kebanyakan orang adalah mengkonsumsi obat warung. Padahal saat ini banyak sekali obat warung yang berbahaya dan menimbulkan efek samping. Nah, sebelum anda mencoba obat warung ada baiknya anda mengkonsumsi makanan yang dapat meredakan flu dan batuk. Berikut ini adalah makanan untuk meredakan flu dan batuk yang dilansir oleh Newsmaxehealt.

Ubi Manis

Bagi sebagian orang, makanan ini memang dianggap “ndeso”. Tapi bukan berarti anda dapat meremehkan makanan yang kaya manfaat ini. Beta karoten banyak terkandung pada ubi manis yang berguna untuk menyehatkan dan melindungi usus dan saluran pernafasan. Efeknya adalah dapat mengurangi infeksi pada tubuh. Tidak hanya itu, Ubi jalar atau ubi manis juga mempunyai antioksidan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh yaitu glucontain.

Sup Ayam

Banyak orang percaya jika mengkonsumsi sup ayam dapat mengurangi demam dan bersin saat flu. Hal itu memang sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang terangkum pada American Journal of Therapeutics menemukan bahwa senyawa carnosine terdapat dalam sup ayam. Senyawa carnosine ini berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh pada awal gejala flu.

Pisang

Makanan untuk meredakan flu dan batuk yang ketiga adalah pisang. Selain rasanya yang enak, pisang juga banyak mengandung vitamin B6 yang mampu meredakan Flu dan batuk. Tidak hanya itu, dikutip dari abcnews.go.id pisang juga mampu mengurangi insomnia, depresi dan stres. Dan pisang juga bisa memperkuat tulang karena tingginya kandungan magnesium dalam pisang.

Kembang Kol

Kembang kol mengandung kolin yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Itulah alasan mengapa kembang kol ini dapat meredakan flu dan batuk. Anda dapat mencampurkan kembang kol ke dalam sup ayam.

Jamur

Sama halnya dengan kembang kol, jamur juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan makanan ini dapat anda campurkan ke dalam sup ayam. Dari hasil beberapa penelitian, jamur dapat memerangi flu dan batuk. Tidak hanya itu, jamur juga dapat meredakan masalah lainnya yang terjadi pada saluran nafas.

Kayu Manis

Hampir setiap orang lebih memilih mengkonsumsi minuman hangat daripada minuman lainnya ketika flu. Minuman hangat memang membuat kita merasa nyaman. Tetapi sebaiknya cobalah mencampurkan serbuk kayu manis pada minuman hangat tersebut karena kayu manis memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antivirus. Dengan begitu, flu dan batuk akan mudah hilang.

Pepaya

Makanan untuk meredakan flu dan batuk yang ketujuh adalah pepaya. Pepaya bisa mengeluarkan virus penyebab flu dan batuk karena buah pepaya mengandung kurang lebih 250% RDa vitamin C. Tidak hanya itu, buah pepaya dapat mencegah peradangan pada pernafasan karena mengandung vitamin C, E dan betakaroten.

Apel

Buah apel memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Vitamin C juga terkandung didalam buah apel yaitu sekitar 1.500 mg yang diperlukan tubuh. Ini sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita.

Itulah tadi beberapa makanan untuk meredakan flu dan batuk. Sebaiknya anda lebih mengutamakan makanan-makanan tersebut sebagai langkah pertama meredakan flu dan batuk dibandingkan mengkonsumsi obat warung. Sekian dan semoga bermanfaat… 🙂


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!