Makanan Dan Minuman Yang Menyebabkan Gigi Kuning

Gigi merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting. Selain berfungsi untuk menghancurkan makanan yang akan masuk ke dalam tubuh, gigi juga bisa membuat penampilan seseorang terlihat lebih menarik. Ya, gigi yang sehat, bersih dan putih tentu akan terlihat lebih mempesona. Maka dari itu, penting sekali untuk menjaga gigi tetap sehat, bersih, putih dan mengkilau. Selain menyikat gigi secara teratur yaitu minimal 2 kali sehari, jangan lupakan juga untuk menghindari makanan dan minuman yang membuat gigi kuning. Apa saja? dikutip dari dailymail.co.uk, berikut ini adalah beberapa makanan dan minuman yang menyebabkan gigi kuning.

Acar

Seorang dokter dari Manchester, Inggris yaitu drg. Tariq Idrees menjelaskan bahwa semua makanan yang asam dapat meningkatkan resiko gigi kuning. Hal ini disebabkan oleh kandungan makanan asam akan merusak pelindung gigi dan itu menyebabkan noda mudah menempel pada gigi. Selain acar, makanan asam yang bisa membuat gigi kuning adalah cuka.

Minuman Rasa Buah

Makanan dan minuman yang menyebabkan gigi kuning berikutnya adalah minuman rasa buah. Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa ternyata minuman rasa buah bisa mengakibatkan gigi menjadi kuning. Padahal, menurut dokter Idrees, minuman rasa buah mengandung perasa buatan dan zat pewarna yang bisa membuat gigi kuning, noda gampang menempel di gigi, meningkatkan resiko gigi berlubang dan keropos.

Kopi

Mungkin sudah banyak yang tahu bahwa kopi merupakan salah satu minuman yang bisa membuat gigi kuning. Hal ini tidak terlepas dari kandungan di dalam kopi yaitu kafein. Kafein dipercaya bisa mengakibatkan noda mudah melekat di gigi sehingga gigi tampak kuning. Bagi anda penikmat kopi, dianjurkan untuk segera berkumur atau sikat gigi sesudah minum kopi.

Cuka

Cuka biasanya digunakan sebagai penyegar makanan untuk salad atau yang lainnya. Meskipun makanan bisa menjadi lebih enak dan menyegarkan, tetapi ingat bahwa cuka mengandung zat asam yang dapat membuat gigi mudah kuning. Tidak hanya itu, zat asam pada cuka juga dapat mengakibatkan gigi mudah keropos dan terasa ngilu.

Saus Tomat

Makanan dan minuman yang menyebabkan gigi kuning berikutnya adalah saus tomat. Menurut dokter Idrees, saus tomat banyak mengandung zat asam dan pewarna makanan yang dapat mengakibatkan gigi kuning serta tampak bernoda.

Itulah beberapa makanan dan minuman yang menyebabkan gigi kuning yang dikemukakan oleh dokter Tariq Idrees. Selain makanan dan minuman tersebut, makanan yang bisa membuat gigi menjadi kuning, ngilu dan keropos diantaranya yaitu semua makanan yang mengandung pewarna dan semua makanan berlemak. Sekian dan semoga bermanfaat.


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!