Makanan Dan Minuman Untuk Menurunkan Darah Tinggi

Meskipun awalnya penyakit darah tinggi atau hipertensi terlihat tidak membahayakan, tetapi penyakit ini bisa dikategorikan sebagai penyakit yang serius dan bisa mengancam jiwa. Karena apabila dibiarkan, tekanan darah tinggi dapat menyebabkan penyakit stroke, gagal ginjal, serangan jantung, dan lain-lain. Jika anda terindikasi mengidap tekanan darah tinggi, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter dan mengatur pola makan yang baik dengan cara mengurangi makanan yang dapat memicu hipertensi seperti garam serta mengkonsumsi makanan dan minuman yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Lalu apa saja makanan dan minuman yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi? berikut ini adalah makanan dan minuman untuk menurunkan darah tinggi atau hipertensi.

Buah Kiwi

Makanan dan minuman untuk menurunkan darah tinggi yang pertama adalah buah kiwi. Buah kiwi memiliki kandungan nutrisi yang dapat menurunkan darah tinggi secara alami seperti potasium, vitamin, magnesium, dan kalsium. Selain itu, buah kiwi dapat membuat pikiran anda lebih tenang karena rasanya yang manis dan nyaman di lidah. Pikiran tenang dapat membuat tekanan darah lebih stabil.

Susu Rendah Lemak

Selain kaya akan kalsium, susu juga mempunyai kandungan vitamin D yang baik untuk menstabilkan tekanan darah. Susu juga mengandng asam paltimat yang bisa membuat efek rileks pada pembuluh darah sehingga tekanan darah lebih stabil. Meskipun susu dengan penuh lemak baik, tetapi lebih baik pilih susu rendah lemak untuk mengatasi hipertensi.

Buah Pisang

Beberapa study meyakini bahwa buah pisang dapat menurunkan tekanan darah tinggi karena kandungan nutrisi yang terdapat pada buah pisang seperti vitamin C, potasium, magnesium, dan kalsium. Anda dapat mengkonsumsi buah pisang secara langsung ataupun membuatnya menjadi jus.

Teh

Makanan dan minuman untuk menurunkan darah tinggi berikutnya adalah teh. Kandungan antioksidan pada teh mampu menjaga pembuluh darah tidak menyempit. Hal tersebut mampu membuat anda terhindar dari tekanan darah tinggi. Selain itu, teh juga baik untuk kesehatan tubuh.

Paprika Merah

Paprika merupakan makanan yang banyak sekali manfaatnya dan salah satunya adalah mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Jadi, jika anda menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi sebaiknya segera konsumsi paprika terutama paprika merah.

Jus Berry

Berdasarkan sebuah study yang dilakukan oleh Journal of Agricultural and Food Chemistry pada tahun 2010, jus berry mengandung antioksidan yang disebut dengan proanthocyanidins, antioksidan ini mampu menghambat ET-1 yaitu sebuah senyawa yang berperan sebagai konstriksi pembuluh darah. Jadi, jus berry sangat baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Brokoli

Jika anda tidak menyukai brokoli, hal tersebut sangat disayangkan sekali karena brokoli merupakan sayuran yang sangat bermanfat untuk kesehatan. Dan salah satu manfaat dari brokoli adalah dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Anda dapat menikmati brokoli dengan cara dibakar, direbus, atau membuatnya menjadi sayur sop.

Itulah makanan dan minuman untuk menurunkan darah tinggi. Selain makanan dan minuman tersebut, ada juga ubi jalar, kentang, biji bunga matahari, bawang putih, tomat, buah alpukat, yogurt, mentimun, dan belimbing yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Sekian dan semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!