Makanan Dan Minuman Penyebab Kentut Berlebihan

Keluarnya gas dari dalam tubuh yang biasanya disertai dengan bau menyengat atau yang biasa kita kenal dengan kentut merupakan suatu reaksi alami tubuh dan merupakan hal yang normal. Penyebab kentut adalah menumpuknya gas nitorgen dan oksigen yang masuk ke dalam saluran pencernaan saat kita makan dan minum. Selain itu, gas karbondioksida, metana dan hidrogen yang merupakan hasil pencernaan makanan juga bisa mengakibatkan terbentuknya gas kentut apabila sudah menumpuk. Meskipun hal yang normal, tentu akan sangat mengganggu apabila kita kentut terlalu sering. Nah, jika anda terlalu sering kentut, sebaiknya jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman penyebab kentut berlebihan berikut ini.

Produk Berbahan Dasar Susu

Meskipun enak, tapi bagi orang yang alergi terhadap susu, makanan ini sangat buruk. Karena dapat menyebabkan sakit yang menyiksa dan perut kembung yang parah. Selain itu, makanan dan minuman yang berbahan dasar susu seperti es krim, buttermilk dan cream cheese bisa membuat anda terlalu sering kentut.

Daging

Makanan dan minuman penyebab kentut berlebihan selanjutnya adalah daging. Daging merupakan makanan yang banyak mengandung protein, maka dari itulah daging bisa membuat anda sering kentut karena makanan ini bisa tertahan di dalam perut dalam waktu yang lama sehingga bakteri dan gula semakin banyak. Efeknya, perut jadi mudah kembung dan gampang kentut. Cara mengatasinya, kunyahlah daging dengan sempurna dan tidak terlalu banyak makan makanan berprotein tinggi.

Sirup Jagung

Sirup jagung, terutama yang banyak mengandung fruktosa merupakan penyebab anda kentut berlebihan. Selain minuman tersebut, pemanis fruktosa juga banyak terdapat di berbagai jenis makanan. Jadi, hindarilah makanan dan minuman yang mengandung fruktosa tinggi agar anda tidak kentut berlebihan.

Minuman Berkarbonasi

Mungkin sudah banyak yang mengetahui bahwa minuman berkarbonasi banyak mengandung gas. Apabila gas tersebut masuk ke dalam tubuh bisa mengakibatkan kentut berlebihan. Lebih jauh, froktosa dan asam dalam minuman berkarbonasi bisa menimbulkan sensasi seperti “meletup” di dalam usus.

Kacang-Kacangan

Mengapa kacang-kacangan juga menjadi makanan dan minuman penyebab kentut berlebihan? hal tersebut dikarenakan kacang-kacangan banyak mengandung raffinose. Apa itu? raffinose merupakan suatu zat gula yang susah dicerna, jadi harus difermentasi oleh bakteri di usus. Nah, jika anda berlebihan makan kacang-kacangan, maka anda akan jadi lebih mudah kentut.

Oatmeal Gandum Utuh

Oatmeal memang makanan yang menyehatkan, terlebih lagi bagi anda yang sedang menjalani diet. Tetapi sayangnya, ada banyak kasus perut menjadi kembung dan sering kentut sesudah makan oat.

Buah-Buahan Dengan Kandungan Sorbitol

Apa itu sorbitol? sorbitol adalah gula alkohol yang terbentuk secara alami pada beberapa jenis buah seperti pir, peach, apel dan plum. Jika dikonsumsi secara berlebihan, buah-buahan tersebut bisa menyebabkan anda terlalu sering “buang gas”.

Kelompok Sayuran Cruciferous

Kembang kol, kol, brokoli dan asparagus merupakan kelompok sayuran cruciferous yang bisa mengakibatkan kentut berlebihan. Jenis sayuran tersebut lebih sulit dicerna sehingga membutuhkan waktu yang lebih banyak di dalam sistem pencernaan. Lamanya proses pencernaan tersebut akan mempengaruhi anda untuk kentut lebih sering.

Itulah beberapa makanan dan minuman penyebab kentut berlebihan yang dikutip dari newhealthadvisor.com. Jika anda terlalu sering kentut dan dibarengi dengan gejala masalah kesehatan seperti nyeri otot, muntah, sakit perut, konstipasi, diare dan lain-lain, sebaiknya segera hubungi dokter. Sekian dan semoga bermanfaat.


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!