Macam Macam Penyakit Ginjal

Macam Macam Penyakit Ginjal

Macam macam Penyakit Ginjal – Ginjal memiliki fungsi yang yang sangat vital dalam tubuh, yaitu berfungsi untuk membersihkan darah dari berbagai zat hasil metabolisme tubuh dan racun yang tidak dibutuhkan dalam bentuk air seni. Fungsi lain dari ginjal adalah mempertahankan keseimbangan dan mengatur konsentrasi dan komposisi cairan tubuh. Begitu banyak fungsi ginjal. Kelainan yang mengganggu fungsi ginjal akan membuka peluang untuk terjangkit penyakit lain. Sebagai organ vital, ginjal harus dirawat sebaik mugkin. Untuk itu kita perlu mengetahui macam macam penyakit ginjal dan penyebabnya. Berikut ini adalah macam macam penyakit ginjal.

Gagal Ginjal Mendadak

Toksin, alergi obat, keracunan atau kehilangan darah, kehilangan cairan atau trauma bisa menyebabkan penyakit gagal ginjal mendadak atau juga yang biasa disebut dengan acute renal failure. Kegagalan ginjal mendadak dapat disembuhkan dengan cuci darah. Kalau pembersihan ginjal seperti ini berhasil, penderita akan sembuh kembali dan ginjal akan berfungsi secara normal.

Nefropati Diabetic

Penyakit ginjal ini timbul karena adanya atau komplikasi menahun dari penyakit kencing manis atau diabetes melitus. Nefropati diabetic ini biasanya muncul setelah penderita mengidap diabetes kira-kira selama 15 tahun, dan besarnya kemungkinan penderita diabetes akan mengalami komplikasi penyakit ginjal adalah sebesar 10% – 30%. Ditemukannya protein dalam air seni (proteinuria) merupakan gejala awal dari Nefropati diabetic. Bila proteinuria menghebat maka penderita akan kekurangan protein dalam darah. Akibatnya, timbul sembab diseluruh tubuh (sindroma nefrotik). Bila dibiarkan, bisa terjadi penyakit gagal ginjal terminal. Hal penting yang harus dilakukan adalah usaha proses pengobatan yang baik terhadap diabetes.

Penyakit Ginjal Akibat Hipertensi

Penderita hipertensi menahun dapat berakhir dengan kelainan ginjal. Sebaliknya, salah satu gejala penyakit ginjal adalah timbulnya hipertensi.

Peradangan Ginjal Dan Saluran Kemih

Penyakit ginjal tipe ini biasanya terjadi karena penggunaan obat-obat kimiawi secara berlebihan, termasuk obat sakit kepala, pegal linu, penghilang rasa nyeri, dan obat rematik (obat analgesic antipiretik), serta jamu-jamuan yang dijual bebas di warung. Obat-obatan ini menyebabkan iritasi, erosi, dan pendarahan lambung. Nefropati analgenic atau penyakit ginjal yang ditandai dengan kamatian jaringan ginjal dan peradangan kronis disebabkan oleh penggunaan analgesik dalam jangka waktu yang panjang dan dosis tidak seperti yang dianjurkan oleh dokter. Infeksi saluran kemih bagian bawah tanpa komplikasi biasanya akan sembuh dengan sendirinya. Minum dalam jumlah banyak dapat membantu penyembuhan. Dengan banyak minum, kita sering kencing, sehingga kuman dan bakteri ikut terbuang bersama air seni.

Baca Juga : Batu Ginjal Asam Urat, Penyebab Penyakit Hipertensi, Bahaya Obat Pelangsing Bagi Kesehatan, Efek Negatif Minuman Ringan Pada Asam Urat, Gangguan Buang Air Kecil, Penyebab Penyakit Asam Urat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!