Lebih Baik Toilet Duduk Atau Jongkok?

Toilet merupakan salah satu tempat yang pasti kita akan tuju setiap pagi di rumah. Begitupun di mall, kantor, bandara atau tempat umum lainnya kita sering menggunakan toilet. Dan tentu saja, jenis toilet yang sering kita gunakan bentuknya beragam, ada jenis toilet jongkok dan toilet duduk. Tapi pernahkah anda berfikir atau bertanya  dalam hati. Lebih baik toilet duduk atau jongkok? meskipun pertanyaan ini cukup sepele, namun efeknya sangat besar bagi kesehatan kita. Untuk menjawab pertanyaan tersebut ada baiknya kita simak penjelasan berikut yang didapat dari Dr. Ari Fahrial Syam, SpPD. yang merupakan spesialis penyakit dalam.

1. Dari Sisi Kebersihan / Higienis

Toilet jongkok lebih higienis daripada toilet duduk karena dengan toilet duduk, kulit kita akan kontak langsung dengan permukaan toilet tersebut. Yang apabila ada pengguna toilet mempunyai penyakit kulit, tentu kita akan tertular. Nah, apabila anda ingin menggunakan toilet duduk, sebisa mungkin membawa tissue basah untuk membersihkan terlebih dahulu permukaan toilet tersebut. Karena setidaknya untuk meminimalkan kontak kuman dari permukaan toilet tersebut ke kulit. Sedangkan toilet jongkok lebih minim resiko penyakit karena kulit tidak bersentuhan langsung dengan permukaan toilet. Namun terkadang toilet duduk menyisakan sisa-sisa pembuangan yang bisa menimbulkan bau tak sedap.

2. Dari Sisi Anatomi Organ Tubuh

Perlu kita ketahui bahwa sebenarnya usus yang paling bawah atau sering kita sebut poros usus itu bentuknya agak berbelok sedikit. Apabila kita dalam posisi jongkok, bentuk usus yang berbelok itu akan lurus sehingga kotoran lebih mudah keluar. Sedangkan untuk toilet duduk, menurut penelitian tinggi toilet menentukan kecepatan seseorang menghabiskan sisa kotoran. Semakin tinggi toilet, semakin lama dia untuk menghabiskan kotoran. Terlalu lama duduk di toilet membuat pengguna sulit BAB dan dapat menyebabkan Ambeien. Jadi dalam hal ini, toilet jongkok masih lebih baik.

Lebih Baik Toilet Duduk Atau Jongkok

3. Dari Sisi Kepraktisan

Dari segi kepraktisan, memang toilet duduk lebih baik. Karena apa? toilet jongkok akan sulit sekali digunakan oleh orang-orang yang memiliki kelebihan berat badan, orang yang mengalami cedera lutut dan orang tua yang sudah uzur, tentu mereka akan sulit sekali untuk bangkit dari jongkoknya. Namun ada cara untuk mensiasatinya yaitu dengan menggunakan pegangan di dekat toilet jongkok untuk memudahkan berdiri (seperti gambar di bawah). Tetapi dibalik ketidakpraktisan tersebut, toilet jongkok baik untuk melatih otot-otot panggul yang akan membantu memudahkan buang air besar. Karena yang menentukan kelancaran buang air besar adalah air, serat, gerakan dari usus, dan kekuatan otot-otot panggul.

Lebih Baik Toilet Duduk Atau Jongkok

Nah, itulah tadi penjelasan mengenai mana yang lebih baik, toilet duduk atau toilet jongkok. Sekarang anda pasti sudah tahu bukan, mana yang lebih baik. Sekian dan semoga bermanfaat… 🙂

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!