Kulit Kepala Sehat Untuk Rambut Sehat

Kulit Kepala Sehat Untuk Rambut Sehat

Kulit kepala sehat adalah modal yang utama untuk memiliki rambut yang sehat. Sering kali orang tak memperhatikan bahwa rambut sehat, berawal dari kulit kepala sehat. Ada beberapa langkah yang mudah untuk membuat kulit kepala sehat dan rambut juga sehat.

Perawatan Kulit Kepala

Memiliki kebiasaan untuk membersihkan kulit kepala dan rambut dua kali sehari, sekaligus lakukan pemijatan ringan pada kulit kepala. Hal ini akan membantu darah terpompa lebih cepat ke seluruh tubuh termasuk ke daerah akar rambut. Jangan biasakan sinar matahari langsung menyentuh rambut dan kulit kepala, karena hal tersebut akan merusak kulit kepala dan rambut. Bila sering berkeringat atau rambut berminyak, lakukanlah keramas setiap hari untuk menjaga kebersihan kulit kepala. Biasakan juga untuk menjaga kebersihan perangkat rias rambut, terutama sisir. Bila sisir kotor, kotorannya akan menempel pada kulit kepala dan rambut. Bila rambut sedang berketombe, jangan biasakan menggaruk-garuk kulit kepala. Hal ini akan membuat kulit kepala menjadi luka. Bila kulit kepala luka hal itu juga akan mengganggu pertumbuhan rambut di area seputar kulit kepala. Bila kulit kepala luka, akan menjadi infeksi tersendiri pada kulit kepala dan berakibat kulit kepala tidak sehat.  Bila kulit kepala sedang berketombe, atasilah dengan shampoo yang mengandung zat yang dapat membersihkan kotoran atau bakteri dari kulit kepala. Menggunakan masker pada rambut dan kulit kepala juga akan membantu kulit kepala menjadi bersih dan sehat. Perbanyaklah konsumsi air putih minimal 2 liter perhari untuk membantu proses penundaan kerusakan rambut.

Makanan Yang Mendukung Rambut Dan Kulit Kepala Sehat

Berbagai jenis makanan yang membantu kesehatan rambut dan kulit kepala antara lain : ikan salmon, buah plum/prem, bayam dan teh hijau. Kandungan protein dan vitamin D, asam lemak omega 3 yang terdapat pada ikan salmon membantu kulit kepala agar tetap terhidrasi dengan baik. Mengkonsumsi buah plum/prem juga akan membantu memperbaiki tekstur rambut. Plum kaya akan zat besi dan dapat mencegah rambut rontok, kusam, tipis dan menjaga warna rambut tetap hitam. Bayam juga baik untuk menjaga rambut agar tidak rontok. Untuk kebaikan kulit kepala, teh hijau juga membantu kulit kepala tetap sehat. Teh hijau akan membantu rambut dan kulit kepala bebas ketombe. Wortel yang mengandung vitamin A juga baik untuk kulit kepala. Vitamin A akan membantu pembentukan minyak sebum di kulit kepala. Dengan demikian kulit kepala akan tetap lembab dan sehat. Perawatan rambut dan kulit kepala akan saling mendukung. Bila kulit kepala rusak dan bermasalah, rambut juga bermasalah dan rusak. Sebaliknya bila kulit kepala sehat, rambut juga sehat. (baca juga: penumbuh rambut alami)

Baca Juga : Kebiasaan Yang Dapat Merusak Kulit Wajah, Menjaga Kulit Tetap Segar, Efek Gula Terhadap Penuaan Dini Pada Kulit, Cara Menjaga Kesehatan Kulit Secara Alami, Tips Cantik Dengan Bahan Alami, Makanan Penyebab Jerawat Dan Komedo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!