Kenapa Menangis Saat Mengiris Bawang?

Dari sekian banyaknya resep makanan, salah satu bahan yang hampir tidak pernah dilupakan adalah bawang. Maka dari itu mengiris bawang merupakan aktivitas yang selalu kita jumpai ketika di dapur. Dibandingkan dengan bawang putih, mengiris bawang merah lebih memiliki kesulitan terutama bagi yang baru belajar memasak. Kesulitan yang pasti anda jumpai adalah mata kita akan mengeluarkan air mata seperti orang menangis dan bahkan mata terasa perih ketika mengiris bawang. Kenapa hal tersebut bisa terjadi? dikutip dari laman www.everydayhealth.com, berikut ini adalah penjelasan mengenai kenapa menangis saat mengiris bawang

Kenapa menangis saat mengiris bawang? sel-sel yang terdapat pada bawang akan pecah saat diiris dan menghasilkan enzim yang memproduksi gas propanethial sulphoxide. Saat gas tersebut menyentuh mata, air mata akan bereaksi dengan gas tersebut dan menghasilkan asam yang biasa disebut Sulphuric acic dalam kadar ringan. Lalu kelenjar air mata mendapatkan sinyal dari otak agar meningkatkan produksi cairan supaya zat asam serta gas yang dianggap sebagai benda asing keluar dari mata.


Pemotong Buah & Sayur

 

Semakin banyak dan semakin lama anda mengiris bawang, maka semakin banyak juga air mata yang akan keluar dari mata anda untuk mengimbangi banyaknya gas yang keluar dari bawang dan mengenai mata. Menurut seorang profesor ilmu perkebunan dari University of Wisconsin-madison mengatakan, mengapa bawang mengeluarkan gas tersebut? itu merupakan reaksi kimia yang bertujuan untuk mengusir hama pada tanaman bawang.

Lalu, bagaimana cara mengiris bawang tanpa menangis? agar anda tidak menangis saat mengiris bawang merah, bawang putih, ataupun jenis bawang lainnya, sebelum anda mulai mengiris bawang bekukanlah terlebih dahulu ke dalam freezer. Enzim yang dikeluarkan oleh bawang akan lebih perlahan karena pengaruh dari suhu dingin. Dianjurkan juga agar anda mengiris bawang mulai dari bagian atas lalu ke bawah, karena pada bagian bawah bawang merupakan konsentrasi enzim paling tinggi.

Itulah alasan kenapa menangis saat mengiris bawang dan mata kita terasa perih beserta tips atau cara agar anda tidak menangis saat mengiris bawang merah, bawang putih atau bawang yang lainnya. Sekian dan semoga bermanfaat.


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!