Kekurangan Vitamin D Bisa Menyebabkan Sakit Kepala

Selain membuat kepala kurang nyaman dan terasa sakit, tidak jarang migrain juga menyebabkan rasa sakit dan lemas menyebar ke seluruh tubuh. Para ahli kesehatan mengungkapkan bahwa migrain adalah kondisi sakit kepala sebelah yang dipicu oleh berbagai hal. Dilansir oleh laman asiantown.net, banyak kasus migrain yang terjadi diakibatkan karena si penderita kekurangan vitamin D. Selain itu, hal ini juga didukung oleh para ahli yang berpendapat bahwa kekurangan vitamin D bisa menyebabkan sakit kepala. Untuk lebih jelasnya, kita simak penjelasan berikut.

Berdasarkan sebuah penelitian terbaru yang dilakukan di Cincannati Childern’s Hospital Medical Centre, para ahli kesehatan meyakini bahwa kekurangan vitamin D bisa menyebabkan sakit kepala dan migrain lebih berpeluang muncul jika tubuh kekurangan enzim CoQ10, vitamin B2 serta vitamin D. Lebih jauh, selain orang dewasa dan yang sudah berusia lanjut, ternyata anak-anak juga sangat beresiko mengalami migrain.

Sementara itu para peneliti juga menjelaskan bahwa kekurangan vitamin D bisa terjadi karena tubuh kurang mendapatkan cahaya matahari saat pagi. Seperti kita ketahui bahwa salah satu sumber vitamin D terbaik yang dapat membuat tubuh semakin fresh, bugar dan segar adalah sinar matahari pagi. Bukan hanya itu saja, perasaan akan menjadi lebih nyaman dan otak lebih fresh bila kita mendapatkan paparan cahaya matahari pagi antara jam 6 sampai jam 9 pagi.

Salah satu dokter dari Cincannati Childern’s Hospital Medical Centre yaitu Dr. Suzanne Hagler, mengatakan bahwa flu dan migrain merupakan masalah kesehatan yang paling banyak dialami oleh setiap orang. Setiap harinya nyaris sebanyak 37 juta orang di Inggris dan Amerika Serikat menderita sakit kepala migrain. Dan kurangnya paparan sinar matahari adalah penyebab utama kekurangan vitamin D sehingga mengalami migrain.

Itulah tadi penjelasan mengenai kekurangan vitamin D bisa menyebabkan sakit kepala khususnya migrain. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, upayakan untuk selalu mencukupi kebutuhan vitamin D tubuh dengan cara konsumsi makanan sehat yang banyak mengandung vitamin dan nutrisi serta berjemur di pagi hari. Selain itu, penting juga untuk beristirahat yang cukup dan banyak minum air putih. Sekian dan semoga bermanfaat.


Kekurangan Vitamin D Bisa Menyebabkan Sakit Kepala

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!