Kegiatan Atau Aktifitas Yang Dilarang Setelah Makan

Makan diperlukan oleh semua manusia untuk bisa berkembang dan bertahan hidup. Tetapi ingat, tidak semua makanan baik untuk kesehatan. Konsumsilah makanan-makanan yang sehat, bergizi dan kaya nutrisi. Hindari makanan dan minuman yang tidak sehat seperti junk food dan makanan lain yang mengandung bahan kimia berbahaya. Dan meskipun tubuh kita perlu makan, jangan sampai berlebihan dalam mengkonsumsi makanan. Selain memperhatikan makanan dan menjaga pola makan, hal yang perlu anda perhatikan lainnya adalah aktivitas sesudah makan karena ada beberapa kegiatan yang tidak boleh dilakukan setelah makan. Apa saja? berikut ini adalah beberapa kegiatan atau aktifitas yang dilarang setelah makan.

Tidur

Dikutip dari newhealthadvisor.com, salah satu bahaya langsung tidur setelah makan adalah dapat meningkatkan resiko acid reflux (Gastroesophageal Reflux Disease), obesitas dan stroke. Maka dari itu, tidur menjadi salah satu kegiatan atau aktifitas yang dilarang setelah makan. Jika anda ingin tidur, tunggulah 2 hingga 3 jam sampai makanan tercerna dengan baik.

Minum Teh

Teh memang menjadi salah satu minuman yang paling banyak digemari untuk dikonsumsi sesudah makan. Tetapi ternyata, minum teh hangat sehabis makan tidak disarankan. Mengapa? karena proses pencernaan makanan menjadi lebih lambat akibat dari keasaman teh. Asam teh dapat mengeraskan protein sehingga susah untuk dicerna. Tidak hanya itu saja, zat besi juga menjadi sulit diserap tubuh. Disarankan jika ingin mengkonsumsi teh, sebaiknya 1 jam sesudah makan.

Makan Buah

Kegiatan atau aktifitas yang dilarang setelah makan berikutnya adalah makan buah. Mungkin hampir semua masyarakat banyak yang melakukan kebiasaan ini dengan dalih sebagai pencuci mulut. Padahal, apabila makan buah selepas makan akan meningkatkan resiko perut kembung. Sangat disarankan makan buah satu atau dua jam sebelum makan.

Mandi

Jika anda langsung mandi sesudah makan, hal ini bisa mengakibatkan gangguan pencernaan. Hal ini merupakan efek dari meningkatnya aliran darah pada kaki, tangan dan bagian dalam tubuh ketika anda mandi yang dapat mengacaukan proses pencernaan. Jadi, mandi merupakan kebiasaan yang harus dihindari setelah makan. Jika ingin mandi, sebaiknya 40 menit sesudah makan.

Merokok

Merokok setelah selesai makan merupakan aktifitas yang sudah menjadi kebiasaan hampir sebagian besar pria. Padahal, merokok sudah pasti buruk untuk kesehatan. Lebih jauh, dampaknya akan semakin buruk jika anda merokok setelah makan. Karena menurut penelitian, merokok 1 batang sesudah makan sama saja dengan merokok 10 batang di waktu biasa.

Itulah beberapa kegiatan atau aktifitas yang dilarang setelah makan. Sebelum melakukan aktifitas tersebut setelah makan, sebaiknya tunggulah hingga 2 jam agar nutrisi dan gizi pada makanan bisa diserap dengan baik. Sekian dan semoga bermanfaat.


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!