Kebiasaan Yang Dapat Menyebabkan Penuaan Dini

Apa itu penuaan dini? penuaan dini adalah kondisi seseorang yang memiliki kualitas kesehatan dan penampilan yang tidak sesuai dengan usia yang seharusnya. Ciri-ciri terjadinya penuaan dini dapat terlihat pada gigi yang mulai berkurang, postur tubuh yang mulai membungkuk, kulit yang mulai berkerut, dan rambut yang mulai rontok.

Lalu apa saja penyebabnya? bisa banyak hal. Baik faktor internal maupun eksternal. Faktor internal seperti keturunan, kejiwaan, kesehatan, dan daya tahan. Sedangkan faktor eksternal meliputi cahaya matahari, radikal bebas, kelembaban udara, dll. Di bawah ini terdapat beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan penuaan dini.

1. Minuman Berenergi.

Kebiasaan yang dapat menyebabkan penuaan dini

Minuman berenergi mengandung asam yang lebih tinggi dari minuman bersoda yang dapat merusak lapisan gigi. Karena zat asam dalam minuman energi dapat merusak enamel gigi atau lapisan terluar gigi. Setelah enamel gigi terkelupas dia akan merusak dentin, dentin adalah lapisan yang membangun struktur gigi. Jika dentin ini telah rusak maka akan menyebabkan gigi cepat ompong. Lalu apa solusinya? kurangilah minuman berenergi dan jika anda ingin mengkonsumsinya gunakanlah sedotan. Karena menggunakan sedotan membantu meminimalkan kontak langsung dengan gigi.

2. Postur Yang Tidak Tegap

Kebiasaan yang dapat menyebabkan penuaan dini

Postur yang tidak tegap akan merangsang gangguan tulang sebelum waktunya dan ini merupakan salah satu ciri penuaan dini. Contohnya adalah saat anda mengetik message pada handphone dengan posisi kepala membungkuk/menunduk. Jika kondisi itu dibiarkan terus menerus akan memicu perubahan struktur tulang leher dan kepala. Karena sebenarnya leher kita ini menopang hampir sekitar 5 kg (tergantung besarnya kepala).

3. Menyisir Rambut Disaat Masih Basah

Kebiasaan yang dapat menyebabkan penuaan dini

Menyisir rambut saat basah dapat menyebabkan kerapuhan struktur rambut dan kulit kepala. Jadi sebaiknya biarkan rambut kering terlebih dahulu. Ataupun jika anda tetap ingin menyisir rambut pada saat basah gunakanlah sisir yang mempunyai jari yang yang jarang atau renggang.

4. Kebiasaan Membersihkan Muka

Kebiasaan yang dapat menyebabkan penuaan dini

Ini cukup banyak terjadi pada kalangan orang dan terutama kaum muda. Keluhannya adalah mukanya terlihat kering, malah tambah jerawat, atau malah tambah berminyak. Nah, untuk kulit berminyak dianjurkan untuk membersihkan wajah 2 kali sehari dengan air hangat. Sedangkan untuk kulit normal bisa menggunakan air dingin.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!