Kebiasaan Saat Mandi Yang Bisa Merusak Kulit

Menjaga kebersihan kulit bisa menjadi langkah awal untuk memiliki kulit yang cantikdan sehat. Salah satu cara untuk menjaga kebersihan kulit yaitu mandi. Dengan mandi, maka kulit kita akan terjaga dari bakteri, kuman dan kotoran yang mungkin ikut menempel pada saat anda beraktivitas. Meskipun mandi sangat baik untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit, tetapi mandi justru akan merusak kulit apabila anda melakukan kebiasaan-kebiasaan yang buruk ketika mandi. Lantas, apa sajakah kebiasaan buruk saat mandi yang dapat merusak kulit? dikutip dari www.huffingtonpost.com, berikut ini adalah beberapa kebiasaan saat mandi yang bisa merusak kulit.

Mandi Tanpa Alas Kaki

Mandi tanpa alas kaki bisa meningkatkan resiko masalah kesehatan kulit. Kenapa? karena kuman-kuman bisa bersarang di lantai kamar mandi. Jadi, untuk menghindari kuman tersebut menempel pada telapak kaki, selalu gunakan alas kaki saat mandi.

Menggosok Berlebihan

Kebiasaan saat mandi yang bisa merusak kulit berikutnya adalah menggosok berlebihan. Tidak hanya minyak alami saja yang terkandung di dalam kulit, tetapi juga kulit mengandung bakteri baik. Peran bakteri baik sangat penting untuk kesehatan kulit seperti mencegah gejala eksim, kulit kering dan masalah jerawat. Nah, bakteri baik ini akan hilang jika kita menggosok secara berlebihan. Jadi, gosoklah secara intens jika tubuh anda memang benar-benar kotor.

Memakai Sabun Anti Bakteri

Tidak selamanya sabun antibakteri aman untuk kulit. Dr. Melissa mengatakan bahwa kandungan bahan kimia yang keras dalam sabun bisa memunculkan efek kulit kesat. Selain itu, minyak alami pada kulit bisa terkikis akibat penggunaan bahan kimia yang keras pada sabun antibakteri. Oleh sebab itu, kita akan merasakan kulit kesat sesudah mandi menggunakan sabun anti bakteri karena pelumas kulit yaitu minyak alami telah terkikis. Dan tanpa minyak alami tersebut, kulit rentan terhadap berbagai masalah.

Memakai Air Yang Terlalu Panas

Kebiasaan saat mandi yang bisa merusak kulit berikutnya adalah memakai air yang terlalu panas. Untuk membuat tubuh lebih rileks, banyak orang memilih mandi dengan menggunakan air panas. Tapi, berbeda cerita jika anda menggunakan air yang terlalu panas. Salah satu dokter dari Cleveland Clinic yaitu dr. Melissa Pilang mengatakan bahwa rasa gatal berlebih dan kulit kering akan timbul jika anda mandi menggunakan air yang terlalu panas.

Itulah beberapa kebiasaan saat mandi yang bisa merusak kulit. Pastikan anda tidak melakukan kebiasan buruk saat mandi tersebut agar kesehatan dan kecantikan kulit anda tetap terjaga. Sekian dan semoga bermanfaat.

Baca Juga :

One Response to Kebiasaan Saat Mandi Yang Bisa Merusak Kulit

  1. alas kaki kesehatan says:

    kesimpulannya berarti gak selamanya sabun anti bakteri itu baik ya.. mungkin yg jadi perhatian saya adalah memakai alas kaki saat mandi.Nice Info thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!