Kebiasaan Buruk Yang Bisa Merusak Gigi Remaja

Gigi merupakan salah satu bagian tubuh yang penting. Gigi berguna untuk menghancurkan dan mengunyah makanan yang diperlukan tubuh. Tetapi banyak orang yang tidak begitu peduli akan kesehatan gigi mereka, terutama anak remaja. Mungkin kurangnya informasi tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi menjadi salah satu penyebab remaja menyepelekan kesehatan gigi dan membuatnya menjadi rusak. Tapi selain itu, beberapa kebiasaan buruk atau bahkan yang tidak pernah disadari bisa juga menjadi penyebab menurunnya kesehatan gigi mereka. Dikutip dari www.everydayhealth.com, berikut ini adalah beberapa kebiasaan buruk yang bisa merusak gigi remaja yang harus anda hindari.

Malas Menggosok Gigi

Ini merupakan kebiasaan yang paling sering dan umum dilakukan oleh remaja. Pola hidup kebanyakan remaja yang tidur larut malam sehingga bangun terlambat dan terburu-buru lalu melupakan menggosok gigi menjadi salah satu penyebabnya. Masalah akan banyak timbul jika malas menggosok gigi, diantaranya gigi berlubang, karang gigi, hingga bau mulut, dll.

Menggunakan Gigi Sebagai “Alat”

Kebiasaan buruk yang bisa merusak gigi remaja berikutnya adalah menggunakan gigi sebagai “alat”. Alat apa yang dimaksud? biasanya remaja adalah pribadi yang tidak sabaran, termasuk dalam hal membuka sesuatu. Contohnya adalah ketika anda membuka bungkusan dari plastik atau membuka botol, kita lebih sering menggunakan gigi kita daripada mencari gunting atau alat lainnya yang membutuhkan waktu bukan. Nah, padahal gigi kita tidak dirancang untuk melakukan hal-hal tersebut. Kebiasaan ini akan membuat gigi kita cepat rusak karena gigi lama kelamaan akan mudah rapuh seiring bertambahnya usia.

Mengunyah Es Batu

Es batu mempunyai suhu yang sangat dingin dan bukan merupakan suhu yang ideal untuk bagian mulut seperti gigi. Suhu dingin yang ektrim akan menyebabkan gigi mudah retak ketika di tempa oleh benda keras meskipun dengan tekanan rendah sekalipun. Retakan kecil pada enamel gigi akan melebar dan menyebabkan gigi sensitif.

Menyikat Gigi 2 Arah

Tidak hanya remaja bahkan hampir semua orang melakukan kebiasaan menyikat gigi dengn 2 arah secara horizontal (gerakan dari kanan ke kiri dan sebaliknya). Padahal, gerakan ini bisa merusak gigi dan mengikis email gigi. Kenapa? karena gerakan 2 arah atau horizontal merupakan gerakan yang statis yaitu menyikat gigi pada bagian itu-itu saja. Dan efeknya, email gigi pada bagian yang sering kita sikat lama-kelamaan akan terkikis. Cara menyikat gigi yang benar adalah dengan gerakan memutar atas-bawah-kanan-kiri dan menjangkau seluruh permukaan gigi.

Itulah beberapa kebiasaan buruk yang bisa merusak gigi remaja. Jadi mulai sekarang cobalah untuk menjaga kesehatan gigi sebaik mungkin dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut. Sekian dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!