Jenis Polusi Yang Merusak Kesehatan Otak

Secara tidak sadar ada banyak polusi disekitar rumah anda yang bisa merusak kesehatan tubuh. Salah satunya adalah polusi udara yang biasa terjadi di sekitar lingkungan perkotaan. Polusi udara tersebut membawa racun atau toksin yang kemungkinan besar akan dihirup oleh hidung dan masuk ke dalam paru-paru serta ke dalam otak yang bisa menyebabkan kerja otak terganggu. Selain polusi udara, ada beberapa macam polusi lainnya disekitar lingkungan yang bisa berakibat buruk pada sistem kerja otak. Polusi apa sajakah itu? berikut ini adalah beberapa jenis polusi yang merusak kesehatan otak.

Polusi Flouride

Jenis polusi yang merusak kesehatan otak yang pertama adalah polusi Flouride. Jika anda menganggap flouride hanya terdapat pada pasta gigi, anda salah besar. Ya, karena flouride juga bisa terkandung di dalam air. Dikutip dari naturalnews.com, flouride pada air yang masuk ke dalam tubuh dapat mengurangi IQ otak seseorang. Selain itu, sebuah penelitian yang di dukung oleh UNICEF juga menemukan fakta bahwa mengkonsumsi minuman berbahan kimia bisa menurunkan IQ otak.

Polusi Pemanis Buatan

Saat ini banyak sekali makanan kemasan yang mengandung pemanis buatan. Jika anda mengkonsumsinya, resikonya adalah obesitas dan kinerja otak terganggu. Aspartam dapat mengurangi kemampuan berpikir (kognitif) secara akademik. Jadi, pemanis buatan akan membuat seseorang jadi gampang bodoh.

Polusi Gula

Jenis polusi yang merusak kesehatan otak berikutnya adalah polusi gula. Tidak sama dengan aspartam, refined sugar atau gula yang diolah menjadi lebih menarik dengan cara diputihkan, diberi pewarna dan lain-lain, dapat mengakibatkan otak tidak sanggup menyimpan ingatan jangka pendek dan meningkatkan inflamasi sistem syaraf. Nah, jika anda sering lupa hal apa yang baru saja anda lakukan, kemungkinan besar anda terlalu banyak mengkonsumsi gula.

Polusi Kafein

Tubuh anda bisa dikategorikan terkena polusi jika anda terlalu banyak minum kopi berkafein tinggi. Meskipun kopi mempunyai beberapa manfaat untuk kesehatan, tetapi jika anda mengkonsumsinya secara berlebihan justru tidak akan baik untuk tubuh anda. Lebih jauh, fungsi otak akan menurun dan rasa cemas akan meningkat jika anda berlebihan minum kopi. Selain itu, tidur anda pun akan menjadi tidak nyenyak.

Polusi Suara

Polusi suara dapat bersumber dari mana saja di sekitar anda. Tetapi beberapa sumber suara yang dapat mempengaruhi kemampuan memori otak dan cara berpikir adalah suara mesin, suara klakson dan beberapa sumber suara yang tidak alami lainnya. Tidak hanya mempengaruhi memori otak, tetapi polusi suara juga bisa mengacaukan kemampuan otak untuk berpikir jernih.

Itulah tadi beberapa macam atau jenis polusi yang merusak kesehatan otak. So, anda harus berhati-hati terhadap segala macam bentuk polusi yang ada disekitar rumah dan lingkungan anda. Terapkan pola makan sehat dengan cara mengurangi konsumsi makanan kemasan yang bisa merusak otak anda. Sekian dan semoga bermanfaat.


Jenis Polusi Yang Merusak Kesehatan Otak

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!