Gejala Penyakit Jantung Di Usia Muda

Selain menjadi salah satu penyakit yang sangat berbahaya, serangan jantung juga sudah menjelma menjadi penyakit yang paling mematikan di dunia. Anda salah jika beraggapan bahwa penyakit jantung hanya bisa menyerang orang yang sudah berusia lanjut. Karena faktanya, penyakit jantung bisa menyerang siapa saja, kapan dan dimana saja, tidak peduli orang tua atau anda yang masih berusia muda. Akhir-akhir ini tidak sedikit orang yang masih berusia muda harus menghembuskan nafas terakhir akibat serangan jantung. Maka dari itu sangat penting sekali untuk mengetahui tanda-tanda atau gejala penyakit jantung di usia muda. Dikutip dari laman webmd.com, berikut ini adalah beberapa tanda-tanda penyakit jantung di usia muda.

Nyeri Di Area Dada

Seorang direktur Laboratorium Kateterisasi Jantung di Penn State Hersey & Vascular Institute yaitu Charles Chambers, MD, menjelaskan bahwa rasa nyeri pada area dada merupakan gejala atau tanda utama adanya resiko serangan jantung. Selain itu, rasa nyeri di dada juga diiringi dengan perasaan sesak, tidak nyaman dan seperti ada tekanan. Anda disarankan segera menghubungi dokter jika mengalami hal tersebut.

Mulas, Mual Dan Gangguan Pencernaan

Gejala penyakit jantung di usia muda yang berikutnya adalah sering mengalami gangguan pencernaan, mual dan mulas. Menurut Charles, salah satu gejala umum lainnya dari serangan jantung adalah mual yang diiringi dengan muntah. Jika anda merasa tidak ada yang salah dengan apa yang anda konsumsi tetapi mengalami gangguan pencernaan, mual dan mulas, bisa jadi itu adalah tanda penyakit serangan jantung.

Nyeri Di Tubuh Bagian Kiri Atau Lengan Kiri

Salah satu ciri-ciri penyakit jantung di usia muda yang perlu anda waspadai adalah adanya nyeri pada tubuh bagian kiri atau lengan kiri. Dan biasanya, rasa nyeri ini diikuti dengan adanya penyakit asam urat yang tidak kunjung sembuh. Selain itu, tidak jarang juga anda merasa cepat lelah meskipun tidak sedang bekerja berat. Charles mengungkapkan bahwa hampir semua penderita penyakit jantung pernah merasakan nyeri dan mudah lelah pada tubuh bagian kiri.

Pusing

Beberapa penyebab sakit kepala atau pusing yang sering kita alami adalah karena kelelahan, berdiri terlalu cepat sesudah duduk, kaget (Shock), tekanan darah rendah, dehidrasi, dan karena lapar. Tetapi bila anda sering merasa pusing tanpa penyebab yang pasti, mungkin itu adalah salah satu gejala penyakit jantung di usia muda.

Sakit Tenggorokan

Penyebab umum sakit tenggorokan adalah karena adanya flu, resiko sinus, radang tenggorokan, atau karena pengaruh gorengan. Namun apabila anda mengalami sakit tenggorokan yang diiringi dengan rasa nyeri dan sesak di dada, sangat disarankan untuk segera memeriksakan kondisi kesehatan anda kepada dokter. Menurut Charles, salah satu ciri atau tanda resiko serangan jantung di semua usia adalah sakit tenggorokan yang diiringi dengan nyeri dada, sesak nafas dan sulit menelan.

Letih Berlebihan

Tidak hanya penyakit jantung, penyakit berbahaya lainnya juga mempunyai gejala yang mirip yaitu letih yang berlebihan. Salah seorang juru bicara American Heart Assosiation yaitu Vincent Bufalino, MD, menjelaskan bahwa rasa letih dan lelah yang berlebihan dan terjadi secara terus menerus merupakan salah satu tanda dari resiko berbagai macam penyakit berbahaya termasuk serangan jantung.

Mendengkur

Gejala penyakit jantung di usia muda yang berikutnya adalah mendengkur. Banyak orang yang beranggapan bahwa mendengkur adalah sesuatu hal yang baik-baik saja, wajar dan normal. Tapi faktanya, mendengkur dapat mencerminkan kondisi kesehatan seseorang. Bisa jadi mendengkur juga merupakan gejala resiko serangan jantung pada usia muda atau orang tua.

Keringat Dingin Berlebihan

Biasanya, orang-orang yang mempunyai resiko penyakit jantung akan mengeluarkan keringat dingin yang sangat banyak dan bisa keluar dimanapun, kapanpun, tanpa sebab yang pasti. Segera periksakan kondisi kesehatan anda ke rumah sakit atau klinik terdekat jika mengalami hal tersebut.

Batuk Dalam Waktu Yang Lama

Gejala penyakit jantung di usia muda selanjutnya adalah batuk dalam waktu yang lama dan tidak sembuh-sembuh. Ciri-ciri batuk yang bisa menjadi gejala serangan jantung di usia muda adalah batuk yang disertai dengan keluarnya lendir putih (tidak seperti batuk biasa) atau noda merah.

Bengkak Pada Kaki

Gejala penyakit jantung di usia muda yang terkahir adalah bengkak pada kaki. Pergelangan kaki akan membengkak jika jantung tidak dapat memompa dan mengalirkan darah secara merata. Nah, jika kaki anda bengkak tanpa sebab yang pasti, sebaiknya segera periksakan kondisi kesehatan anda secara menyeluruh.

Itulah beberapa gejala penyakit jantung di usia muda yang diungkapkan oleh Charles Chambers, MD. Selain beberapa yang sudah disebutkan diatas, gejala serangan jantung yang perlu anda waspadai adalah detak jantung yang sangat cepat walaupun anda sedang tidak melakukan pekerjaan berat atau tidak sedang kaget. Sekian dan semoga bermanfaat.


Gejala Penyakit Jantung Di Usia Muda

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!