Gejala Dehidrasi Pada Orang Dewasa

Meminum air putih yang cukup setiap harinya mungkin selama ini dianggap hal yang sepele. Padahal, berbagai macam gangguan kesehatan dan penyakit mudah menyerang jika tubuh kekurangan cairan. Dikutip dari today.com, dehidrasi bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang lebih buruk dari apa yang kita bayangkan. Lebih jauh, jika tidak segera ditangani kemungkinan besar kita akan dirawat di Rumah Sakit. Untuk mencegah hal tersebut terjadi sebaiknya kita mengenali gejala atau tanda-tanda dehidrasi agar kita bisa segera mengambil tindakan yang tepat. Berikut ini adalah beberapa tanda atau gejala dehidrasi pada orang dewasa yang perlu diwaspadai.

Kram Otot

Seorang dokter dari Cleveland Clinic Sports Health yaitu Dr. Laura Goldber mengungkapkan bahwa lelah dan capek sesudah olahraga adalah hal yang biasa. Tetapi apabila sampai terjadi kram otot, itu tandanya tubuh anda mengalami dehidrasi. Kram otot bisa terjadi jika tubuh kekurangan garam dan cairan. Menyebarnya kram otot bisa menjadi gejala dehidrasi. Tetapi ingat, kram otot akibat dehidrasi berbeda dengan kram otot akibat divorsir. Karena umumnya nyeri otot yang terlalu divorsir hanya terjadi di satu area kecil. Sedangkan nyeri otot karena dehidrasi menyebar di beberapa bagian. Untuk menghindarinya, konsumsilah minuman bersodium. Karena sodium dapat membantu tubuh terhidrasi dengan baik.

Disorientasi Atau Sakit Kepala

Dehidrasi dapat mengakibatkan migrain atau sakit kepala. Seorang atlet maraton ketika mengalami dehidrasi akan menderita disorientasi sehinga larinya menjadi tidak beraturan dan zig-zag. Ketika dehidrasi, semua bagian tubuh tidak mendapatkan asupan cairan yang cukup sehingga tubuh mudah lelah dan bisa pingsan.

Daya Penglihatan Kabur Dan Mata Kering

Gejala dehidrasi pada orang dewasa yang berikutnya adalah daya penglihatan kabur dan mata menjadi kering. Dr. Goldberg menjelaskan bahwa kita akan berkeringat dan cairan tubuh akan berkurang saat berolahraga dalam jangka waktu yang lama sehingga daya penglihatan menjadi buram dan mata kering. Jadi jika daya penglihatan anda berkurang dan mata kering, sebaiknya atasi dengan segera minum air putih yang cukup.

Merasa Gampang Marah, Tidak Fokus dan Penat

Menurut sebuah study yang dilakukan oleh University of Connecticut’s Human Performance Laboratory, ditemukan fakta bahwa kemampuan berpikir, energi dan mood seseorang bisa dipengaruhi oleh dehidrasi ringan. Menurut para peneliti, yang dimaksud dengan dehidrasi ringan adalah saat tubuh kekurangan cairan yang biasanya dibutuhkan tubuh sebanyak 1,5 persen.

Rasa Haus Dan Mulut Terasa Kering

Gejala dehidrasi pada orang dewasa yang berikutnya adalah rasa haus dan mulut terasa kering. Dr. Laura Goldber mengemukakan bahwa ketika kita merasa haus, itu sudah jadi tanda tubuh mengalami dehidrasi. Segeralah minum air putih untuk mengatasinya. Terlebih lagi jika rasa haus dibarengi dengan mulut kering dan lengket.

Itulah beberapa gejala dehidrasi pada orang dewasa. Selain gejala atau tanda yang sudah disebutkan tadi, ada beberapa gejala dehidrasi yang sebaiknya anda waspadai yaitu kulit terasa kering, demam, tubuh tidak mengeluarkan keringat dan warna air seni lebih pekat dari biasanya. Sekian dan semoga bermanfaat.


Gejala Dehidrasi Pada Orang Dewasa

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!