Gejala Awal Penyakit Kolesterol Tinggi

Pada keadaan normal, kolesterol sangat bagus dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Banyak sekali manfaat kolesterol untuk tubuh diantaranya adalah untuk menghasilkan garam empedu, menghasilkan vitamin D, menghasilkan hormon seks, menghasilkan hormon korteks adrenal, dan lain-lain. Tetapi ketika kolesterol berlebih atau tinggi, ini akan menjadi sangat tidak baik. Kolesterol tinggi akan menghasilkan beberapa penyakit yang berbahaya seperti diabetes, stroke, dan jantung. Mengontrol kadar kolesterol adalah langkah terbaik. Dengan cara apa? periksakan kondisi kesehatan anda secara rutin kepada dokter. Terlebih lagi jika anda mengalami ciri-ciri atau tanda-tanda penyakit kolesterol. Seperti apa gejala awalnya? berikut ini adalah gejala awal penyakit kolesterol tinggi.

Dada Sakit

Jika anda merasakan sakit seperti ditusuk-tusuk pada dada sebelah kiri tanpa sebab yang jelas, sebaiknya anda harus waspada. Karena bisa jadi kadar kolesterol anda tinggi dan apabila dibiarkan beresiko terkena penyakit jantung.

Kesemutan

Ini adalah salah satu gejala awal penyakit kolesterol tinggi yang sering dilupakan atau diabaikan. Padahal, kesemutan merupakan indikasi bahwa aliran darah tidak lancar. Aliran darah tidak lancar dapat terjadi karena tersumbatnya pembuluh darah oleh kolesterol. Jadi jika anda sering mengalami kesemutan, segeralah konsultasikan dengan dokter.

Tengkuk Mudah Lelah

Jika anda sering merasakan tengkuk mudah lelah padahal anda tidak banyak melakukan aktifitas fisik, berhati-hatilah karena bisa jadi itu gejala awal penyakit kolesterol tinggi. Sama halnya dengan kesemutan, tengkuk mudah lelah diakibatkan oleh peredaran darah yang tidak lancar akibat penyumbatan pembuluh darah oleh kolesterol.

Sakit Kepala

Sakit kepala merupakan gejala umum dari kolesterol tinggi. Terlebih lagi jika sakit kepala itu berupa denyut pada kepala bagian belakang. Ini terjadi karena kolesterol yang sudah menumpuk dan membentuk plak pada bagian belakang kepala. Jika ini terus dibiarkan, maka akan beresiko terkena stroke. Konsultasikanlah dengan dokter sesegera mungkin untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Itulah tadi beberapa gejala awal penyakit kolesterol tinggi. Apabila anda merasakan salah satu dari gejala tersebut, yang dapat anda lakukan adalah berkonsultasi dengan dokter dan mulai gaya hidup yang sehat. Gaya hidup sehat yang dapat anda terapkan adalah dengan menjaga berat badan, olahraga teratur, dan kurangi makanan berlemak. Sekian dan semoga bermanfaat… 🙂


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!