Gejala Awal Penyakit Jantung

Gejala Awal Penyakit Jantung

Gejala Awal Penyakit Jantung – Jantung adalah salah satuorgan penting yang ada di dalam tubuh manusia. Fungsi jantung sangat vital dalam tubuh. Jantung bekerja memompa darah ke seluruh tubuh. Ia adalah organ yang bertanggung jawab terhadap pasokan darah yang ada di seluruh tubuh. Oleh karena itu, jika jantung bermasalah, akibatnya akan sangat fatal. Penyakit jantung pun pada akhirnya menjadi salah satu penyakit yang sangat ditakuti. Penyakit jantung merupakan penyakit pembunuh nomor wahid di dunia. Umumnya, serangan jantung disebabkan oleh penyumbatan pada arteri atau nadi koroner. Penyumbatan ini adalah reaksi susulan setelah plak aterosklerotik pecah. Plak aterosklerotik adalah timbunan asam lemak atau lipid dan sel darah putih yang berdiam di dinding arteri koroner. Dinding koroner merupakan saluran mengalirnya darah ke jantung.

Mengenali gejala awal penyakit jantung adalah salah satu langkah bijak sebagai deteksi dini penyakit ini. Dengan mengetahui lebih awal, pengobatan penyakit jantung relatif lebih mudah dan tentunya kemungkinan untuk sembuh menjadi lebih besar. Berikut beberapa gejala awal penyakit jantung yang bisa anda cermati.

Jantung Berdebar Atau Berdetak Lebih Cepat.

Jantung yang berdetak atau berdebar lebih cepat (palpitasi) bisa menjadi salah satu gejala awal penyakit jantung.

Lemas Dan Pingsan

Gejala awal penyakit jantung selanjutnya adalah lemas hingga pingsan. Kejadian ini disebabkan oleh kerja jantung yang tidak optimal. Darah yang dipompa tidak mengalir dengan sempurna. Akibat dari hal itu, penderita menjadi merasa lemas, bahkan bisa sampai pingsan. Hal ini juga disebabkan karena aliran darah yang tidak merata, terutama terjadi disekitar daerah otak yang kemudian mengakibatkan turunnya tingkat kesadaran. Jika frekuensi pingsan cukup sering, sebaiknya segera hubungi ahli pengobatan penyakit jantung untuk memastikan kondisi tubuh anda.

Rasa Nyeri Di Dada

Anda tidak boleh menganggap remeh rasa nyeri yang ada di dada. Jika dada anda sering merasakan nyeri, terlebih jika rasa nyeri tersebut seringkali datang tiba-tiba dan berakhir dalam hitungan detik maka mungkin saja gejala penyakit jantung. Rasa nyeri pada dada, jika memang itu karena gangguan jantung maka penyebabnya adalah pasokan darah pada otot sekitar jantung berkurang atau terhambat. Pasokan darah yang kurang ini membuat pasokan oksigen juga berkurang. Namun, tidak semua rasa nyeri di dada adalah gejala penyakit jantung. Pada kasus lain, orang yang mengidap penyakit jantung tidak pernah menunjukan gejala rasa nyeri di dada ini.

Sesak Nafas

Sesak nafas juga harus diwaspadai sebagai salah satu gejala penyakit jantung. Biasanya, gejala ini berkenaan dengan gagalnya fungsi jantung yang tidak bisa bekerja dengan sempurna. Menutup dan membuka katup jantung yang tidak beraturan menyebabkan rongga udara pada paru-paru kemasukan cair.

Demikian beberapa gejala awal penyakit jantung yang perlu anda ketahui, sedangkan untuk pengobatan atau penyembuhan bisa dengan penanganan medis ataupun dengan bahan-bahan herbal. Salah satu contohnya bisa anda baca pada artikel Menyembuhkan Jantung, Paru-paru Dan Hati Dengan Jus.

Baca Juga : Menyembuhkan Jantung, Paru-paru Dan Hati Dengan Jus, Cara Mengatasi Tidur Mendengkur, Efek Negatif Minuman Ringan Pada Asam Urat, Bahaya Minuman Alkohol Untuk Kesehatan, Common Cold Adalah, Gejala Penyakit Asam Urat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!