Efek Tidak Tidur Semalaman Terhadap Otak

Salah satu kebutuhan paling vital bagi tubuh dan terutama otak adalah tidur. Karena menurut penelitian, ditemukan fakta bahwa otak menjalankan fungsinya dalam memproses dan menyusun kembali informasi dalam keadaan tidur. Otak akan memfilter informasi yang anda perlukan dan yang tidak diperlukan. Selain itu, otak juga bisa membuat kita kembali bekerja optimal saat bangun tidur karena otak mengatur ulang sistem syaraf. Itulah alasannya kenapa anda butuh tidur yang cukup. Tetapi biarpun begitu, saat ini masih saja ada banyak orang yang mempunyai masalah kurang tidur. Entah itu karena gangguan insomnia, sengaja begadang atau alasan lainnya. Lantas, sebenarnya apa saja sih efek tidak tidur semalaman terhadap otak? berikut ini penjelasannya.

Efek tidak tidur semalaman terhadap otak yaitu kemampuan otak akan menurun ketika menjalankan tugasnya saat tidur sehingga fungsi otak akan terganggu ketika melakukan aktifitas diluar jam tidur. Dilansir oleh Jurnal Radiology, para peneliti melakukan sebuah penelitian kecil dengan cara menganalisis 30 kemampuan otak dari 23 gambar otak orang yang menderita insomnia. Dan dari hasil penelitian tersebut menemukan bahwa insomnia atau kurang tidur bisa mempengaruhi respon sensorik, pengetahuan, kesadaran dan kinerja otak terutama dalam hal mengatur emosi.

Para peneliti juga menemukan bahwa mereka yang mempunyai gangguan susah tidur atau insomnia, konektivitas otak mereka akan terganggu secara siginifikan dan sulit mengatur jam tidur alami tubuh sehingga mengakibatkan menurunnya kemampuan fokus dan konsentrasi. Selain itu, diketahui juga bahwa orang yang kurang tidur atau bahkan tidak tidur semalaman akan mengalami gangguan respon sensorik seperti sentuhan, penciuman serta penglihatan.

Itulah tadi penjelasan mengenai efek tidak tidur semalaman terhadap otak. Meskipun penelitian tersebut membutuhkan pengembangan lebih lanjut, tetapi sudah jelas bahwa kurang tidur memang sangat tidak baik bagi kesehatan terutama otak. Jadi, usahakan agar anda tidur secara cukup agar kesehatan anda tetap terjaga dengan baik. Sekian dan semoga bermanfaat.


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!