Efek Samping Obat Tidur Terhadap Kesehatan

Efek Samping Obat Tidur Terhadap Kesehatan

Tidur memang sudah menjadi kebutuhan kita sebagai makhlup hidup. Karena pada saat tidur, kita dapat mengistirahatkan tubuh setelah beraktifitas sehari-hari. Normalnya, durasi tidur yang baik adalah enam hingga delapan jam dalam sehari. Tetapi bagi sebagian orang, tidur bukanlah sesuatu hal yang mudah dilakukan. Dalam kasus ini orang tersebut dikenal dengan istilah insomnia. Berbagai cara dilakukan oleh para penderita insomnia agar dapat cepat tidur, mulai dari terapi hingga meminum obat tidur. Tapi tahukah anda? apa efek samping obat tidur terhadap kesehatan jika dikonsumsi terus menerus atau dalam jangka panjang? dikutip dari womenshealth.com, berikut ini adalah efek samping obat tidur terhadap kesehatan tubuh.

  1. Obat tidur bisa mengganggu pernafasan jika dikonsumsi secara berlebihan.
  2. Kerusakan pada otak juga bisa terjadi apabila mengkonsumsi obat tidur secara berlebihan.
  3. Meskipun obat tidur bisa membuat kita cepat tidur, tapi obat tidur beresiko membuat kita tidak bisa tidur dengan nyenyak apabila terlalu sering mengkonsumsinya.
  4. Mengkonsumsi obat tidur secara berlebihan akan membuat kita mudah depresi, gelisah bahkan insomnia berkelanjutan.
  5. Apabila anda sudah terbiasa mengkonsumsi obat tidur, dan anda berhenti mengkonsumsinya maka yang terjadi adalah anda jadi semakin tidak bisa tidur, tidak tenang dan gelisah saat tidur.
  6. Jika anda menderita penyakit jantung, sebaiknya hindarilah obat tidur karena ini akan membuat anda menjadi sesak nafas.
  7. Seseorang yang sering mengkonsumsi obat tidur, maka dia rentan mengalami kecelakaan atau terjatuh.
  8. Yang lebih menakutkan adalah konsumsi obat tidur dapat meningkatkan resiko kematian lebih cepat. Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Genevieve Belleville.

Nah, sudah tahu kan efek samping obat tidur terhadap kesehatan? jika anda sudah mengetahuinya, sebaiknya berpikirlah dua kali untuk mengkonsumsi obat tidur. Cobalah yang lebih aman seperti konsumsi susu hangat sebelum tidur, karena susu hangat dapat membuat anda cepat ngantuk. Selain itu, cobalah anda lakukan terapi atau pergi ke psikolog. Sekian dan semoga bermanfaat… 🙂

Baca Juga : Bahaya TV Menyala Saat Tidur, Tips Menjaga Kebersihan Kamar Tidur Agar Sehat Dan Nyaman, Cara Menghilangkan Ngorok Saat Tidur, Cara Mengatasi Tidur Mendengkur, Mengatasi Gangguan Tidur Malam Hari, Bahaya Tidur Di Lantai Dan Menggunakan Kipas Angin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!