Efek Gula Terhadap Penuaan Dini Pada Kulit

Efek Gula Terhadap Penuaan Dini Pada Kulit

Penuaan dini sebenarnya adalah proses yang tidak bisa di cegah karena proses penuaan merupakan suatu hal yang alami. Biarpun tidak bisa dicegah, namun penuaan dini bisa diperlambat. Beberapa ciri penuaan dini yang terjadi pada kulit adalah timbulnya kerutan atau garis pada sudut mata, kulit kering pada wajah dan sudah tidak elastisnya kulit. Bicara masalah faktor yang mempercepat penuaan dini tentu akan berhubungan dengan sesuatu yang kita konsumsi setiap hari dan terkadang sulit untuk dihindari yaitu gula. Lalu seperti apa efek gula terhadap penuaan dini pada kulit?

Pada lapisan kulit terdapat serat kolagen yang membangun struktur kulit sehingga kulit terlihat elastis. Apabila konsumsi gula yang berlebih dan terus menerus, gula ini akan menurunkan fungsi serat kolagen. Permukaan kulit yang pada awalnya rata, perlahan akan mengendur ke dalam dikarenakan berkurangnya serat kolagen dan inilah yang mengakibatkan kulit keriput. Sedangkan efek yang paling menakutkan dari gula adalah penyakit degeneratif seperti penyakit jantung dan diabetes di usia muda yang dikarenakan konsumsi gula yang berlebihan. Selain itu juga konsumsi gula yang berlebih akan mengakibatkan seseorang mengalami kegemukan yang dimana kegemukan mempunyai resiko akan timbul penyakit-penyakit yang lainnya.

Tips Untuk Mengendalikan Kadar Gula Dalam Tubuh

  1. Gunakanlah gula alami tebu murni. Gula alami yang paling baik adalah tebu murni karena hanya mengandung kadar gula 55% dibandingkan dengan gula merah yang memiliki kadar gula 97% ataupun madu 80%.
  2. Untuk penderita diabetes, gula buatan sangat baik sekali karena gula buatan memberikan rasa manis tetapi tidak diproses dalam tubuh.
  3. Batas maksimal konsumsi gula orang indonesia disarankan 50 gr/hari atu setara 4 sendok makan.
  4. Pilihlah Beras merah daripada beras putih karena jenis karbohidrat yang terdapat pada beras merah berbeda dengan beras putih. Kadar gula akan lebih terkontrol dengan beras merah dan rasa kenyang akan lebih lama, cocok bagi anda yang mengalami kegemukan.
  5. Dibandingkan dengan susu dan keju, yogurt lebih dianjurkan untuk meminimalkan kadar gula yang masuk dalam tubuh. Karena pada yogurt terdapat serat.
  6. Anda yang ingin mengkonsumsi buah, sebaiknya perhatikan kandungan gula yang terdapat pada buah tersebut. Beberapa kandungan gula yang terdapat pada buah yang perlu anda ketahui adalah sbb:
  •  Anggur merupakan buah yang memiliki kadar gula paling tinggi yaitu sekitar 16 gr gula / 100 gr anggur.
  • Pisang 14 gr gula / 100 gr pisang.
  • Apel 10 gr gula / 100 gr apel.
  • Strawberry 4,6 gr gula / 100 gr strawberry

Demikianlah pembahasan kami tentang efek gula terhadap penuaan dini pada kulit. Semoga bermanfaat.. 🙂

Baca Juga : Menjaga Kulit Tetap Segar, Kebiasaan yang dapat merusak kulit wajah, Cara Menjaga Kesehatan Kulit Secara Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!