Dampak Stress Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Depresi atau stres merupakan suatu hal yang mungkin pernah dialami oleh semua orang. Bagi sebagian orang, stres dapat ditangani dengan baik dan tidak menimbulkan masalah kesehatan. Namun bagi sebagian yang lainnya, stres bisa sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh dan bahkan bisa menyebabkan kematian. Saat stres, hormon kortisol dan hormon adrenalin akan dilepaskan oleh otak. Efeknya, gula darah dan denyut jantung meningkat. Nah, saat itulah kesehatan tubuh akan terancam. Terlebih lagi jika stres atau depresi terlalu sering anda alami. Berikut ini adalah beberapa bahaya atau dampak stress bagi kesehatan tubuh manusia yang dikutip dari dailymail.co.uk.

Masalah Berat Badan

Orang yang sedang dilanda stres biasanya mempunyai masalah berat badan. Masalah berat badan ini bisa berbeda-beda pada setiap orang. Beberapa diantara mereka akan lebih mudah gemuk (Baca : Inilah Alasan Mengapa Stress Bisa Bikin Gemuk) dan beberapa orang lainnya justru bisa lebih mudah kurus. Dan umumnya kenaikan atau penurunan berat badan tersebut terjadi sangat drastis. Mengapa demikian? karena stres bisa meningkatkan atau menurunkan nafsu makan seseorang dengan signifikan.

Rambut Rontok

Dampak stress bagi kesehatan tubuh manusia selanjutnya adalah rambut mengalami kerontokan. Sebenarnya, rambut rontok bisa dialami oleh siapa saja. Namun biasanya, mereka yang sering merasa stres dan depresi akan mengalami kerontokan rambut yang parah. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? karena ketika sedang stres, akan ada serangan dari sel darah putih terhadap folikel rambut sehingga suhu otak menjadi lebih panas, cemas, frustasi dan tegang. Jika sudah begitu, rambut menjadi gampang kering, kusam, patah, rontok dan tidak tumbuh dengan baik.


Obat Herbal Depresi

 

Masalah Sistem Pencernaan

Ditemukan beberapa kasus pada orang yang mengalami masalah pencernaan, mereka mengaku mengalami depresi dan stres sebelumnya. Bahkan di Inggris dan Amerika, setengah dari mereka yang pencernaannya terganggu sering mengalami stres selama hidupnya. Biasanya, masalah pencernaan yang sering mereka alami akibat stres adalah infeksi saluran pencernaan, usus buntu dan maag.

Meningkatkan Resiko Penyakit Jantung

Akibat dari meningkatnya denyut jantung, maka kesehatan jantung pun akan terganggu. Menurut seorang profesor ahli jantung yaitu Chauncey Crandall, MD, stres merupakan faktor utama meningkatnya resiko penyakit jantung. Karena ketika seseorang dilanda stres, dia akan selalu merasa cemas dan pola hidup serta pola makannya cenderung berantakan. Nah, hal inilah yang akan meningkatkan resiko penyakit jantung atau penyakit berbahaya lainnya.

Meningkatkan Resiko Kanker

Dampak stress bagi kesehatan tubuh manusia selanjutnya adalah dapat meningkatkan resiko kanker. Menurut penelitian, salah satu dampak stres pada kesehatan adalah resiko kanker. Lebih jauh, stres yang berkepanjangan bahkan bisa meningkatkan resiko kanker sampai 30%. Selain kanker, stres juga bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh sehingga bakteri, virus dan penyakit jadi lebih mudah menyerang.

Itulah beberapa dampak stress bagi kesehatan tubuh manusia. Jadi, seberat apapun masalah yang anda alami usahakan supaya tidak stres dan depresi. Jadilah pribadi yang tenang, sabar dan pandai bersyukur. Percayalah tuhan pasti memberikan jalan yang terbaik. Sekian dan semoga bermanfaat.


programdetoksifikasi

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!