Cara Sehat Menjaga Pencernaan

Cara Sehat Menjaga Pencernaan

Pencernaan sehat akan mendukung kesehatan seluruh tubuh. Dari pencernaan yang sehat, metabolisme tubuh juga akan sehat. Menjaga kesehatan pencernaan dapat dilakukan melalui menjaga pola makan, termasuk mencermati konsumsi makanan yang dimakan.

Cara Sehat Menjaga Pencernaan

Untuk menjaga kesehatan pencernaan, pilihlah makanan yang sehat. Hindari alkohol. Efek alkohol pada sistem pencernaan dapat mengakibatkan gangguan berupa mulas, diare, pendarahan gastrointestinal, malnutrisi, dan penurunan berat badan secara tidak alami. Selain itu juga hindarilah rokok. Kebiasaan morokok dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti mulas, tukak lambung, penyakit crohn dan batu empedu. Lakukan olahraga dengan teratur. Olahraga dapat membantu untuk menghindari gejala sindrom iritasi usus, diare, sakit perut, kembung, sembelit, dan masalah pencernaan lainnya. Hindari makanan berlemak karena lemak akan menempel pada usus. Usus yang terganggu dapat berakibat pada terjadinya kanker kolorektal. Memiliki resiko lebih besar untuk mengembangkan polip usus dan kanker kolorektal. Perbanyak makanan berserat untuk membantu proses pembuangan kotoran dalam tubuh melalui buang air besar (BAB). Minumlah air yang cukup untuk membantu kerja sistem pencernaan. Konsumsi juga bakteri baik untuk kesehatan usus, juga protein. Hindari stres dan jagalah kestabilan berat badan.

Gangguan Kesehatan Karena Pencernaan Terganggu

Kelalaian menjaga kesehatan pencernaan dapat menyebabkan berbagai penyakit dari ringan sampai yang serius. Jangan anggap remeh gangguan pencernaan seperti susah buang air besar, diare, sembelit. Gangguan semacam itu bila tak segera diatasi dapat berakibat pada terjadinya kanker usus. Gastritis merupakan peradangan kronis pada dinding lambung. Penyebabnya karena kadar asam klorida dalam lambung terlalu tinggi. Juga karena makanan yang kurang bersih. Hati juga merupakan bagian tubuh yang menanggung bila pencernaan terganggu. Fungsi hati akan mengalami dampak yang buruk karena virus yang masuk dalam tubuh melalui air dan makanan. Dampak selanjutnya dari terganggunya sistem pencernaan adalah diare. Dalam kondisi ini, usus mengalami peradangan yang disebabkan karena virus, bakteri, alergi atau tidak tahan makanan tertentu, atau kurang gizi. Penyakit diare yang disebabkan oleh kuman dapat menular. Penularan terjadi melalui feses (kotoran) dari penderita diare.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!