Cara Sederhana Untuk Menyembuhkan Pilek

Cara Sederhana Untuk Menyembuhkan Pilek

Pilek sering terjadi pada anak-anak maupun dewasa. Sistem imun yang melemah dan perubahan cuaca sering menjadi penyebab orang-orang terkena pilek. Disamping itu, pilek/flu dapat menular dengan cepat. Perkembangan gejala pilek juga sangat cepat. Jika tidak disembuhakn segera, pilek akan semakin parah dan biasanya membuat penderita merasa tidak nyaman melakukan aktifitas apapun. Pernapasan tergaanggu, lidah terasa pahit, serta tubuh yang lemah merupakan gejala-gejala yang timbul ketika terjadi pilek. Untuk menghindari penggunaan obat berbahan kimia, penyembuhan pilek dapat menggunakan bahan-bahan alami. Selain itu, cara sederhana untuk menyembuhkan pilek berikut ini akan mudah dilakukan di rumah.

Jika mengalami pembengkakan di sinus, kita dapat menggunakan sekantung kacang polong beku. Kantung kacang polong beku tersebut diletakkan di hidung bagian atas. Hal tersebut berfungsi untuk mengurangi pembengkakan pada sinus sehingga pernapasan tidak tersumbat.

Selain itu, uap dapat membantu untuk mengurangi gejala pilek. Uap dapat diperoleh dari air panas yang diletakkan dalam sebuah mangkuk. Setelah itu, letakkan handuk hingga menutupi kepala, kemudian bernapaslah dari uap air panas. Air panas dapat ditambahkan beberapa tetes minyak eucalyptus sebagai aroma terapi dari uap yang dihirup.

Salah satu gejala yang timbul ketika pilek adalah sakit tenggorokan. Untuk meringankan gejala tersebut, penderita dapat menggunakan minuman hangat. Minuman hangat tersebut dapat berupa campuran jus lemon , irisan jahe, madu. Diminum selagi panas. Hindari minuman dingin yang dapat memperparah sakit tenggorokan tersebut.

Cara lain untuk menyembuhkan gejala pilek adalah dengan meningkatkan sistem imun untuk membantu melemahkan virus dan bakteri yang mengganggu. Bawang putih dapat membantu meningkatkan sisitem imun. Ada beberapa cara untuk menggunakan bawang putih sebagai penyembuh pilek. Bawang putih mentah ditambahkan dalam sup ayam. Selain itu, bawang putih dapat dibuat sup sendiri dengan cara memanaskan beberapa siung bawang putih dalam air panas. Mengkonsumsi sup yang mengandung bawang putih dapat membantu meringankan gejala pilek.

Cara untuk menyembuhkan pilek juga dapat dilakukan dengan berkumur-kumur. Berkumur dengan air hangat yang di campur dengan garam dapat membantu membunuh kuman dan melembabkakn membran lendir. Dengan lembabnya membran lendir, lendir dapat normal keluar dan membantu membunuh kuman yang menempel.

Cara-cara sederhana untuk menyembuhkan pilek tersebut dapat membantu untuk meringankan gejala pilek. Selain cara-cara tersebut, istirahat yang cukup sangat diperlukan ketika sedang pilek. Minum banyak air untuk menghindari dehidrasi dan hindari kerja yang menguras tenaga dulu untuk memulihkan tenaga. Secara umum, pilek dan gejalanya dapat disembuhkan dengan cara-cara sederhana sehingga tidak perlu pergi ke dokter. Mengkonsumsi obat-obatan tidak selalu baik dan efektif. Mengenali tanda-tanda tubuh sedang lemah dari gejala-gejala yang timbul untuk menghindari pilek yang semakin parah dan sulit untuk disembuhkan.

Baca Juga : Cara Aman Mengkonsumsi Obat Warung, Bahaya Mandi Malam Dengan Air Dingin, Memulihkan dan Meningkatkan Stamina Tubuh, Manfaat Menjadi Vegetarian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!