Cara Olahraga Yang Baik Saat Puasa

Ketika berpuasa, sangat sedikit sekali orang Indonesia yang memilih untuk berolahraga. Padahal, untuk menjaga kebugaran tubuh olahraga merupakan hal yang penting saat berpuasa. Seorang ahli biokinesis yaitu Habib Noorbhai, mengatakan bahwa olahraga tetap aman dilakukan meskipun sedang berpuasa asalkan mengikuti aturan yang benar. Noorbhai juga menjelaskan bahwa ada sebuah penelitian yang memperlihatkan bahwa kebugaran dan kekuatan seseorang bisa menurun jika tidak berolahraga selama 30 hari berturut-turut saat puasa. Maka dari itu, sangat penting untuk tetap berolahraga di bulan puasa. Bagaimana caranya? berikut ini adalah cara olahraga yang baik saat puasa yang diungkapkan oleh Noorbhai.

Tips atau cara olahraga yang baik saat puasa adalah :

  1. Segeralah hentikan latihan jika sudah mulai terasa mual atau pusing.
  2. Atur kapan waktu harus tidur dan kapan harus bangun dengan baik. Upayakan tidur minimal selama 7 jam dalam sehari. Anda bisa tidur siang selama 1 jam jika malamnya anda hanya tidur sebanyak 6 jam.
  3. Saat berpuasa, terutama bulan Ramadhan, tubuh anda akan mengalami kelelahan yang berlebih. Jadi, luangkanlah waktu untuk tidur siang selama 30 sampai 60 menit. Ingat, jangan lebih dari 1 jam. Karena umumnya tubuh akan lemas dan tidak produktif jika tidur lebih dari 1 jam.
  4. Karena jam kerja tidak dipangkas oleh waktu makan siang, pulanglah lebih cepat agar anda mempunyai banyak waktu untuk berolahraga.
  5. Jalankanlah sesudah matahari tenggelam apabila anda ingin melakukan olahraga seperti cricket atau sepakbola.
  6. Hindarilah olahraga yang melebihi batas kemampuan.

Olahraga selama berpuasa tentu akan terasa berat, Noorbhai menyarankan beberapa hal berikut ini agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik selama menjalankan olahraga dan untuk menjaga berat badan tetap ideal.

  1. Konsumsilah karbohidrat sebanyak 6 – 10 gram / kg berat badan.
  2. Konsumsi juga protein sebanyak 1 hingga 1,2 gram / kg berat badan.
  3. Konsumsi lemak baik mesti dua puluh hingga tiga puluh persen dari keseluruhan asupan energi.
  4. Cukupi kebutuhan cairan tubuh.
  5. Perbanyak minum air putih saat malam atau sesudah matahari tenggelam.

Itulah tadi beberapa tips atau cara olahraga yang baik saat puasa. Selain itu, Noorbhai juga menambahkan bahwa 90 menit sebelum berbuka puasa merupakan waktu yang terbaik untuk berolahraga. Mengapa? karena energi dan glikogen yang terbuang saat berolahraga akan segera diganti ketika berbuka puasa. Namun ingat, anda harus memperhatikan beberapa Makanan Yang Harus Dihindari Setelah Olahraga. Sekian dan semoga bermanfaat.


Cara Olahraga Yang Baik Saat Puasa

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!