Cara Mudah Mengatasi Sakit Kepala Tanpa Obat

Sakit kepala atau secara medis dikenal dengan sebutan cephalalgia (cephalgia) merupakan suatu keadaan dimana kepala terasa sakit, entah itu kepala dibagian samping kanan-kiri, belakang ataupun depan. Bahkan ada juga beberapa kasus sakit kepala terasa hingga bagian punggung atas dan di belakang leher. Meskipun terlihat ringan, jangan pernah anggap remeh sakit kepala karena bisa menurunkan tingkat konsentrasi dan mengganggu aktifitas sehari-hari. Umumnya, jika terserang sakit kepala kita akan langsung membeli obat pereda sakit kepala di Apotik atau di warung. Tapi tahukah anda, ada cara mudah dan alami mengatasi sakit kepala. Seperti apa caranya? berikut ini adalah cara mudah mengatasi sakit kepala tanpa obat.

Mandi

Cara mudah mengatasi sakit kepala tanpa obat yang pertama adalah mandi. Ya, anda bisa meredakan sakit kepala hanya dengan mandi. Caranya adalah dengan mandi menggunakan shower dan arahkan pada bagian bahu hingga leher, dan juga bagian tengkuk. Gunakan air hangat untuk mendapatkan sensasi nyaman. Anda juga bisa menambahkan serai dan garam. Campuran bahan ini akan membuat tubuh anda menjadi rileks dan mudah tidur. Otot tubuh yang tegang dan letih bisa menjadi salah satu penyebab sakit kepala.

Tidur

Bisa jadi ini merupakan cara yang paling mudah untuk membantu meredakan sakit kepala. Tidur dapat mengurangi keletihan dan menjadikan tubuh lebih segar. Tidurlah sebentar dengan cahaya yang redup untuk menghilangkan rasa pusing dikepala. Namun jika anda tidak punya waktu untuk tidur, anda bisa meluangkan waktu sebentar untuk berbaring dan memejamkan mata. Dengan begini, tubuh akan terasa lebih rileks dan sakit kepala akan berkurang.

Minum Air Hangat

Cara mudah mengatasi sakit kepala tanpa obat berikutnya adalah minum air hangat. Salah satu penyebab terjadinya sakit kepala adalah karena otot yang kaku dan tegang. Nah, dengan meminum air hangat akan membuat tubuh lebih rileks, tenang, dan meredakan otot yang kaku sehingga cara ini dapat mengatasi sakit kepala ringan. Selain air hangat, anda juga dapat meminum jus buah tanpa es, lemon tea hangat, dan jahe hangat.

Kompres Leher

Anda juga dapat meredakan sakit kepala dengan mengompres bagian tengkuk leher menggunakan handuk hangat. Cara ini akan meredakan otot yang kaku dan letih. Selain handuk hangat, anda juga bisa mengoleskan balsem atau minyak yang memberikan efek hangat.

Itulah beberapa cara mudah mengatasi sakit kepala tanpa obat. Sekian dan semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!