Cara Menyimpan Sikat Gigi Yang Baik Dan Benar

Bagaimana cara kita meletakkan atau menyimpan sikat gigi mungkin terdengar sepele. Tapi tahukah anda, ternyata sikat gigi berpotensi menyimpan bakteri dan kuman yang berbahaya. Fakta yang ditemukan dari hasil penelitian University of Manchester Inggris menyebutkan bahwa bakteri berbahaya seperti staphylococcus (penyebab infeksi), E.coli serta 10 juta jenis bakteri lainnya kemungkinan mengkontaminasi sikat gigi. Selain berasal dari kamar mandi atau toilet, bakteri juga bisa menempel dari tempat lain seperti koper, tas kometik, loker dan di dalam tas. Maka dari itu, penting juga untuk memperhatikan bagaimana cara menyimpan sikat gigi yang baik dan benar. Berikut ini adalah beberapa cara menyimpan sikat gigi yang baik dan benar agar terhindar dari kuman serta bakteri.

Jauhkan Dari Toilet

Bila memungkinkan, usahakan untuk menyimpan sikat gigi di dalam ruangan selain kamar mandi. Tetapi bila tidak memungkinkan, anda bisa saja menyimpan sikat gigi di dalam kamar mandi asalkan saat menyiram kloset anda harus menutupnya, hal ini bertujuan untuk mencegah kuman menyebar melalui semburan air.

Posisi Kepala Sikat Harus Di Atas

Pada saat menaruh sikat gigi usahakan jangan sampai terbalik. Taruhlah sikat gigi dengan posisi kepala menghadap ke atas. Jangan menyimpan sikat gigi pada ruangan yang lembab dan tidak ada sirkulasi udara karena tempat-tempat seperti itu akan meningkatkan perkembangbiakan bakteri dan kuman. Taruhlah sikat gigi di tempat yang mempunyai sirkulasi udara yang baik.

Bilas Hingga Bersih

Cara menyimpan sikat gigi yang baik dan benar berikutnya adalah setiap kali anda selesai menggunakan sikat gigi, bilaslah hingga bersih dengan air mengalir. Usahakan jangan sampai ada kotoran atau pasta gigi yang menempel pada sikat gigi anda. Karena salah satu sarang favorit bagi kuman atau bakteri adalah pasta gigi yang tertinggal pada sikat gigi.

Ganti Sikat Gigi Secara Berkala

Minimal anda harus mengganti sikat gigi anda selama 3 bulan sekali. Tetapi apabila anda terkena flu dan pilek, anda bisa mempercepat frekuensi mengganti sikat gigi. Hal ini untuk mencegah penyebaran virus penyebab flu dan pilek tersebut pada sikat gigi.

Itulah beberapa cara menyimpan sikat gigi yang baik dan benar. Tips tersebut diungkapkan oleh seorang dokter gigi yaitu Mervyn Drurian agar sikat gigi anda terbebas dari kuman dan bakteri. Selain cara atau tips diatas, penting juga untuk diperhatikan bahwa jangan pernah memakai 1 sikat gigi secara bersama-sama karena akan meningkatkan penyebaran kuman. Sekian dan semoga bermanfaat.


Cara Menyimpan Sikat Gigi Yang Baik Dan Benar

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!