Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami

Kolesterol bisa menjadi baik atau bahkan menjadi buruk untuk kesehatan. Menjadi baik apabila jumlah kolesterol tubuh seimbang atau tidak berlebihan. Tetapi akan menjadi buruk dan berbahaya bagi kesehatan apabila jumlahnya berlebihan dalam tubuh. Timbunan kolesterol dalam tubuh bisa menyebabkan beberapa penyakit berbahaya seperti ginjal, liver, jantung dan stroke. Lebih jauh, apabila tidak ditangani secara serius, kolesterol tinggi bisa menyebabkan kematian. Itulah kenapa sangat penting untuk mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Anda bisa menurunkan kolesterol dengan berbagai macam cara seperti mengkonsumsi obat-obatan dokter atau secara alami. Nah, bagi anda yang ingin menurunkan kolesterol secara alami, berikut ini ada cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami yang dikutip dari dailyhealthpost.com.

Hindari Stres

Mungkin tidak banyak yang tahu kalau ternyata stres bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, stres juga bisa menyebabkan menyempitnya arteri yang akan membuat peredaran darah anda menjadi tidak lancar. Jadi, usahakan untuk menghindari stres dan jangan terlalu memikirkan hal yang berat.

Menjaga Berat Badan

Sudah bukan rahasia lagi jika orang yang menderita obesitas atau kelebihan berat badan beresiko mengalami kolesterol tinggi. Jadi, anda sangat disarankan menjaga berat badan tetap ideal. Jika perlu, lakukanlah diet yang sesuai dengan kondisi tubuh anda. Dan ingat, hal yang paling penting adalah diet yang aman dan sehat. Salah satu program diet yang aman, sehat dan ampuh adalah program detoksifikasi dengan smart detox. Selain bisa menurunkan berat badan, program smart detox bisa mencegah berbagai macam penyakit seperti jantung, stroke, liver, dll. Program ini banyak direkomendasikan oleh ahli kesehatan Amerika maupun dunia karena keampuhannya.

Konsumsi Rempah

Cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami yang berikutnya adalah dengan mengkonsumsi rempah. Rempah bisa membantu mengurangi lemak dan kolesterol berlebih dalam tubuh. Beberapa contoh rempah yang berkhasiat untuk mengurangi kolesterol jahat yaitu kayu manis, cengkeh, jahe, dan rosmery.

Menjaga Pola Makan

Sayur dan buah bisa berguna untuk menyerap kolesterol jahat dalam tubuh. Selain mengurangi kolesterol dalam tubuh, rajin mengkonsumsi sayur dan buah sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Olahraga

Rutin berolahraga sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan dan mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Anda tidak harus melakukan olahraga yang berat setiap hari, mulailah dengan olahraga ringan seminggu sekali.

Itulah tadi beberapa cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami. Sekian dan semoga bermanfaat.


Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami

 

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!