Cara Menjaga Kesehatan Mulut Menurut Dokter Gigi

Kesehatan gigi dan mulut seringkali diabaikan karena memang terlihat mudah dan tampak sepele. Ketika sudah menghadapi masalah seperti gigi berlubang atau gigi berdarah, barulah kita mulai sadar betapa pentingnya menjaga kesehatan gigi. Sebaiknya anda melakukan perawatan dan memperlakukan mulut serta gigi dengan seharusnya sebelum anda merasakan rasa sakit yang menyiksa. Nah, berikut ini adalah beberapa cara menjaga kesehatan mulut menurut dokter gigi asal Inggris yaitu Dr. Uchenna Okoye yang dikutip dari dailymail.co.uk.

Rajin Menyikat Lidah

Lidah yang bersih merupakan kunci dari nafas yang sehat. Maka dari itu untuk membersihkan bakteri yang dapat menyebabkan nafas menjadi tak sedap, gosoklah lidah anda secara rutin. Pastikan ketika menggosok lidah, sampai menjangkau bagian dalam. Selain itu, disarankan juga anda menggunakan sikat khusus untuk menggosok lidah.

Sikat Gigi Sebelum Sarapan

Cara menjaga kesehatan mulut menurut dokter gigi yang berikutnya adalah menyikat gigi sebelum sarapan. Agar gigi tetap bersih, sebagian orang memilih menyikat gigi setelah sarapan. Padahal menurut Dokter Uchenna, cara tersebut kurang tepat terlebih lagi bagi mereka yang sarapan dengan buah dan jus. Jika anda langsung menggosok gigi setelah mengkonsumsi buah, kandungan asam pada buah dapat merusak email gigi.

Jangan Mengunyah Permen Karet Lebih Dari 10 menit

Meskipun anda sangat menyukai permen karet, disarankan agar tidak mengunyah permen karet lebih dari 10 menit atau sampai rasanya hilang. Karena menurut dokter gigi Uchenna, fungsi gigi adalah untuk menghancurkan sedangkan permen karet bertekstur lunak. Hal ini akan mengakibatkan gigi saling beradu satu sama lain dan bisa menyebabkan gigi rusak di kemudian hari.

Jangan Menyikat Dengan Gerakan Vertikal

Jika anda menyikat gigi dengan gerakan vertikal atau naik turun, sebaiknya kurangi atau rubahlah gaya menyikat gigi anda dengan gerakan memutar. Karena menyikat gigi dengan gerakan naik turun beresiko mengikis gusi. Selain memperhatikan gerakan menyikat gigi, penting juga untuk memastikan sikat gigi bisa menjangkau gusi bagian dalam karena bakteri bersarang di tempat tersebut. Dokter gigi Uchenna juga menganjurkan agar anda jangan terlalu cepat menggosok gigi dan gosoklah setiap bagian gigi dengan frekuensi waktu yang sama.

Itulah beberapa tips atau cara menjaga kesehatan mulut menurut dokter gigi yaitu Dr. Uchenna Okoye yang merupakan dokter gigi asal Inggris.

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!