Cara Menjaga Kesehatan Mata

Kesehatan mata sangat mahal nilainya. Sebagai jendela jiwa, jendela untuk melihat banyak hal di sekeliling kita. Maka dari itu jangan abaikan perawatan pada mata. Berikut ini adalah beberapa cara menjaga kesehatan mata dan perawatan untuk mata.

Cara Sehat Menjaga Kesehatan Mata

Mata merupakan salah satu organ vital. Menjaga kesehatan mata sebenarnya tidak sulit. Ada beragam langkah sederhana yang dapat dilakukan sendiri. Perawatan pada mata dapat dimulai dari memperhatikan jarak baca dengan buku yang dibaca. Jarak ideal yang dianjurkan adalah 30 cm. Usahakan pula untuk tidak membaca buku sambil tiduran. Selain itu, pencahayaan yang cukup juga membantu menjaga kesehatan mata. Lakukan istirahat pada mata jika sudah terlalu lama menatap layar komputer. Berikan jeda pada mata untuk lepas dari pandangan pada layar komputer. Bila anda banyak menghabiskan hari dengan menatap layar komputer atau laptop, usahakan terapkan aturan 20-20-20. Maksudnya, ambillah istirahat selama 20 detik setiap 20 menit dan mengarahkan pandangan sejauh 20 meter. Sering mengedipkan mata akan menolong mata tetap basah. Jangan biasakan untuk menggosok mata dengan tangan. Tangan yang kotor akan berakibat virus atau bakteri dari tangan pindah ke mata. Jangan lupa nutrisi yang berasal dari makanan untuk kesehatan mata. Lakukan pemeriksaan mata berkala secara rutin pada dokter setiap enam bulan sekali atau maksimal satu tahun sekali. Kontrol berkala ini akan menolong mereka yang memiliki gangguan pada mata, termasuk mereka yang menggunakan kaca mata sebagai alat bantu.

Makanan Untuk Kesehatan Mata

Wortel merupakan salah satu sumber vitamin A yang sudah dikenal banyak orang. Tak hanya wortel, brokoli, minyak ikan dan telur tetapi juga beragam sayuran hijau dan buah-buahan dengan antioksidan alami didalamnya, melindungi mata dari kerusakan. Dalam antioksidan, terdapat lutein yang bermanfaat untuk mencegah kerusakan pada mata. Lutein banyak ditemukan dalam sayuran seperti selada, kangkung, bayam dan daun bawang, termasuk juga sayuran berdaun hijau gelap terutama bayam. Tidak hanya bayam, omega 3 juga banyak ditemukan dalam ikan salmon. Kandungan Lutein dan Zeaxanthin yang ada di putih telur diketahui bisa mencegah penyakit katarak. Perhatikanlah makanan yang anda konsumsi, karena makanan merupakan salah satu pendukung perawatan pada mata untuk menjaga kesehatan mata.

Baca Juga : Cara Agar Mata Tidak Cepat Lelah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!