Cara Meningkatkan HDL

Cara Meningkatkan HDL

Bagi anda yang ingin tahu cara meningkatkan HDL dalam tubuh, ada salah satu makanan atau minuman yang bisa dijadikan sahabat terbaik bagi anda untuk meningkatkan HDL. Minuman tersebut adalah air kelapa muda. Hal itu sudah dibuktikan oleh berbagai riset. Menurut para ahli, HDL memegang peranan penting walaupun LDL mendapat perhatian yang lebih besar. Singkatnya, Semakin tinggi kadar kolesterol baik atau HDL dalam tubuh anda, maka semakin bagus, karena HDL dapat mengalahkan LDL atau kolesterol buruk. Berikut ini adalah penjelasan mengenai kolesterol baik dan kolesterol buruk.

Kolesterol adalah suatu jenis lemak yang ada dalam tubuh. Kolesterol sendiri dibagi menjadi LDL, HDL, total kolesterol dan trigliserida. Dari hati, kolesterol diangkut oleh LDL ( low density lipoprotein ) untuk dibawa ke sel-sel tubuh yang memerlukan, termasuk ke otak, sel otot jantung, dan lain-lain agar tetap berfungsi dengan baik. HDL ( high density lipoprotein ) akan mengangkut kembali kelebihan kolesterol dan dikembalikan ke hati yang kemudian diurai dan dibuang sebagai asam empedu ke dalam kandung empedu.

LDL mengandung lebih banyak lemak daripada HDL sehingga LDL akan mengambang di dalam darah. Protein utama yang membentuk LDL adalah Apo-B ( apolipoprotein-B ). LDL dapat menyebabkan kontaminasi kolesterol pada dinding pembuluh darah, oleh karena itu LDL disebut sebagai lemak “jahat”. Sedangkan HDL disebut lemak yang baik karena HDL berfungsi membersihkan kolesterol berlebih pada dinding pembuluh darah dengan membawanya kembali ke hati. Protein utama yang membentuk HDL adalah Apo-A (apoliprotein). HDL ini mempunyai kandungan lemak lebih sedikit dan mempunyai kepadatan tinggi sehingga lebih berat.

Kadar kolesterol merupakan indikator kesehatan jantung. Semakin tinggi kadar kolesterol HDL, semakin baik untuk kesehatan. Sebaliknya, semakin rendah kadar kolesterol HDL, semakin kurang baik untuk kesehatan. Dalam suatu studi, kenaikan HDL sebesar 1% berarti menurunkan resiko penyakit jantung koroner arteri sebesar 2%. Dalam studi yang sama, partisipan dengan kadar kolesterol HDL tertinggi mengalami penurunan resiko penyakit jantung koroner setengahnya dibandingkan partisipan dengan kadar kolesterol HDL terendah.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Kolesterol Dalam Tubuh, Pantangan Kolesterol, Makanan Yang Dapat Mengurangi Kolesterol, Penyebab Kolesterol Dan Asam Urat, Penyebab Penyakit Hipertensi, Efek Negatif Minuman Ringan Pada Asam Urat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!